F1 2022 Inggris: Mercedes Persiapkan Khusus 2 Local Hero, Bertekad Beri Perlawanan Keras Red Bull dan Ferrari

Selasa, 28/06/2022 01:48 WIB

mobilinanews (Inggris) - Duet driver Inggris, Lewis Hamilton dan George Russell, memang terpuruk di awal musim 2022 karena isu utama masalah porpoising di skuad Mercedes. Tapi, untuk laga kandang di GP Inggris akhir pekan ini, ceritanya akan bisa berbeda.

Bisa jadi aksi pembalap di Sirkuit Silverstone ini bakal lebih menghibur dibandingkan seri sebelumnya. Rivalitas sesama driver Inggris saja sudah menyita perhatian tersendiri. Tak lain karena inilah kali pertama Hamilton dan Russell tampil bareng di depan fans Inggris, di sirkuit ikonik Silverstone.

Pertanyaan tunggal adalah: akankah Russell menjadi local hero baru di sana? Menjinakkan dominasi Hamilton selama ini?

Satu driver tuan rumah lainnya adalah Lando Norris (McLaren) yang bisa diharapkan meramaikan persaingan para pembalap tuan rumah. Ia punya potensi untuk ikut mencuri perhatian penonton.

Yang tak kalah penting adalah pertempuran untuk menuju podium kemenangan. Khusus untuk seri Silverstone, kali ini Mercedes tak bisa diabaikan.

Sejak jauh hari Hamilton sudah ultimatum timnya untuk siapkan mobil pemenang dengan cara apa pun. Ia sudah ikhlaskan tak ikut dalam perburuan gelar tahun ini.

Tapi, untuk GP Inggris, ia harus punya mobil kompetitif tanpa peduli bagaimana cara Mercedes menyediakannya.

"Mereka harus gunakan semua yang dimiliki untuk seri Silverstone. Selalu istimewa jika menang di sana. Saya masih ingin kemenangan, terutama sekali di depan fans sendiri," tegas Hamilton sejak usai GP Monaco silam.

Ultimatum pemegang 7 gelar juara dunia F1 itu tampaknya membuahkan hasil. Pada GP Canada lalu Mercedes sudah mulai mampu memepet para joki Red Bull dan Ferrari di baris depan. Kecepatan W13 mulai menjanjikan dengan hasil podium ketiga buat Hamilton dan P4 buat Russell.

Performa di Canada itu saja sudah membuat bos Red Bull dan Ferrari, Christian Horner dan Mattia Binotto, terkejut dan meyakini Mercedes akan jadi lawan sepadan Red Bull dan Ferrari.

Ancaman itu sekarang dipertegas oleh Direktur Teknik Mercedes Mike Elliott. Ia sebut pengembangan teknis W13 ke Silverstone adalah langkah lanjutan dari up date yang dilakukan tim di Canada. Katanya akan banyak part baru yang dipasang pada sesi latihan. Tujuan utamanya adalah mendekatkan catatan waktu dengan Red Bull dan Ferrari.

"Kami akan melawan sekeras yang bisa dilakukan. Di balapan sebelumnya speed kami sudah semakin mendekati lawan. Dengan paket khusus ke Silverstone dan dalam situasi balap normal, saya kira akan menarik," kata Elliott.

Sebelum menguji paket baru itu memang belum akan tampak jelas potensi yang dimiliki W13 untuk jadi pemenang. Namun dari simulasi dan bedahan teknis, ia yakin kalaupun tak menang maka lawan tak akan mudah mengalahkan Mercedes di Silverstone.

Selain dari aspek pengembangan W13, keyakinan Elliott juga dipengaruhi oleh karakter sirkuit Silverstone yang permukaannya mulus dan rata, sama dengan Sirkuit Barcelona lalu di mana Mercedes tampil menawan. 

Pada jenis trek seperti itu Elliott yakin isu porpoising yang membuat laju W13 terpental-pental tak akan terjadi atau setidaknya bisa diminimalisir dengan signifikan.

Beda saat balapan di trek-trek dalam kota macam Jeddah, Monaco, dan Baku dimana Hamilton mengaku tersiksa di dalam kokpit mobilnya karena badannya serasa seperti dibanting-banting. 

Horner pun akui mulusnya trek Silverstone menjadi faktor yang bisa menguntungkan Mercedes. Hal sama diapungkan Binotto. Namun, bos dua tim elit itu mengaku siap menguji ketangguhan W13.

"Jangan lupa, kami datang sebagai pemimpin kejuaraan," tegas Horner mengingatkan kekuasaan mereka saat ini sebagai pemimpin klasemen sementara pembalap dan konstruktor.

Begitu pun Binotto. Mesin segar yang dipakai Charles Leclerc di Canada punya keuntungan strategis di GP Inggris nanti.  (rnp)

 

 

 

 

 

 

 

 

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok