MotoGP 2022: Good News, Marc Marquez Mulai Jalani Phase Fisioterapi, September Jadi Penentuan Comeback!

Sabtu, 16/07/2022 00:08 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Satu phase positif sudah dijalani Marc Marquez, enam minggu setelah jalani operasi di Minnestoa,Amerika Serikat. Hasil dari operas kali keempat pada tangan kanannya itu dinilai sesuai harapan. Pembalap top MotoGP ini bisa lanjut proses pemulihan ke phase berikutnya.

Itu inti dari rilis resmi Honda Racing Corporation (HRC) usai pemeriksaan medis di Ruber Internacional Hospital, Madrid, Spanyol, pada Jumat (15 Juli 2022). 

Dr. Joaqim Sanchez Sotelo yang mengoperasi Marquez di Mayo Clinic, Minnesota, bergabung dengan dua dokter ahli Spanyol yang sebelumnya mengoperasi tangan Marquez di Spanyol.

Para dokter itu mengaku puas melihat perkembangan tulang tangan kanan MM93 yang patah saat kecelakaan di GP Spanyol 2020 dan selanjutnya cidera berkepanjangan hingga awal musim 2022. Cidera itu bahkan sempat infeksi membuat juara dunia MotoGP 6 kali ini harus jalani cangkok tulang.

Namun, tetap saja belum membuat Marquez nyaman di atas motor. Karena itu ia dan tim Repsol Honda sepakat berhenti dari kompetisi 2022 untuk jalani operasi khusus di AS. Hasil operasi terakhir itulah yang hari ini dinyatakan sesuai harapan.

"Evolusi klinis dan radiologis berjalan sangat baik dalam 3 minggu pasca operasi. Itu memungkinkan Marc memasuki tahap selanjutnya, yakni program pemulihan mobilitas dan kekuatan tangan kanannya. Program ini akan berjalan tiga minggu ke depan dan akan kembali dievaluasi," tutur Sotelo yang disebut Marquez sangat detil dan profesional.

Marquez sendiri mengaku senang karena sudah mulai bisa melatih tangan kanannya. itu menurutnya sebuah proses sangat penting dalam upaya pemulihannya.

"Kami akan memulai program fisioterapi pada tangan kanan dan melakukan latihan kardio. Saya ingin berterimakasih kepada seluruh tim medis atas perawatan yang mereka berikan," kata Marquez.

Dengan jadwal pemeriksaan berikutnya 6 pekan ke depan bisa jadi akan jadi penentuan apakah MM93 bisa kembali ke grid MotoGP paa beberapa race akhir musim 2022 pada Oktober dan November nanti.

Itu adalah sebuah harapan yang sebelumnya disampaikan Team Principal Repsol Honda Alberto Puig. Bukan untuk berkompetisi seperti biasanya, tapi hanya untuk memberi Marquez kesempatan menguji RC213V yang disiapkan ke musim 2023. 

"Kami memerlukan masukan darinya, namun itu baru kami lakukan jika direkomendasikan para dokter. Prioritas kami tentu adalah kesehatan Marc," kata Puig beberapa waktu lalu.

Ya, tanpa Marquez terlibat dalam pengembangan motor sejak akhir musim 2020, performa RC213V sama sekali tak garang sepanjang musim 2021 dan 2022. Benar-benar terpuruk, dan itu diperlihatkan di GP Jerman lalu.

Dari 4 rider Honda tak satu pun membawa pulang poin dan itu kali pertama dalam 40 tahun terakhir. Sakitnya lagi, itu terjadi di Sirkuit Sachsenring yang dalam dua dekade terakhir adalah milik Honda. (rnp)

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda