WRC 2022 Estonia: Rovanpera Kian Edan, Menangi 7 Dari 9 SS Makin Sulit Dibendung Raih Trofi Juara Dunia!

Minggu, 17/07/2022 01:05 WIB

mobilinanews (Estonia) - Pereli muda Finlandia Kalle Rovanpera benar-benar makin edan. Hanya 9 special stage (SS) digelar Rally Estonia pada Sabtu (16-7-2022) dan ia tercepat di 7 SS. Itu sekaligus menggandakan keunggulan dari hari sebelumnya. Saat sama selangkah lagi menjadi juara Rally Estonia 2022.

Pada sesi Sabtu yang melombakan SS10 hingga 18, tim Toyota Gazoo Racing bermodalkan Yaris Rally1 Hybrid langsung menggebrak dengan tercepat di SS8. Ia ungguli rekan satu timnya, Rovanpera, dengan gap 0,6 detik.

Ini seolah tanda kebangkitan Evans akan datang lagi setelah kejadi di sesi Jumat, di mana ia tampil dominan namun harus turun peringkat hanya karena kesalahan di satu special stage.

Tapi, itu tak terjadi. Pereli asal Wales itu tak bisa lanjutkan tren positifnya. Tak lain karena  penampilan edan Rovanpera yang berturut tercepat dari SS9 hingga 17. Hanya SS18 yang lari ke tim lain, yakni Adrien Fourmaux (M-Sport Ford).

Artinya dari 18 SS yang sudah dipertarungkan, 16 di antaranya jadi milik tim Toyota Gazoo Racing.  Masing-masing 6 untuk Evans dan 10 untuk Rovanpera. Hanya tim pabrikan Hyundai yangbelum memetik kemenangan di special stage.

Hasil itu membuat Rovanpera menggandakan keunggulan menjadi 29,1 detik atas Evans di tabel kejuaraan sementara. Dua punggawa tim Hyundai, Ott Tanak dan Thierry Neuville, berada di P3 dan 4 namun dengan selisih waktu yang semakin tajam dengan Rovanpera. Masing-masing kini tertinggal 1 menit 11 detik dan 20 menit 20 detik.

Di atas kertas, selisih waktu itu bakal sulit dikejar dalam 6 SS terakhir pada Minggu (17 Juli 2022). Jika Toyota memasang Evans sebagai `pelindung` Rovanpera pada 6 SS terakhir itu maka keuntungan ganda otomatis dipetik oleh pabrikan Jepang itu.

Rovanpera bakal semakin melejit di klasemen kejuaraan dunia sementara, dan Toyota Gazoo Racing pun makin jaya di kelas konstruktor.

Mengomentari dominasinya sepanjang Sabtu pagi hingga malam waktu Estonia itu, Rovanpera menyebutnya berkat trobosan yangdibuat para mekaniknya. Mereka membangun set up baru yang sedikit berubah dari hari sebelumnya.

Saat menjajalnya di SS8, pereli berusia 22 itu masih butuh sedikit penyesuain dengan setingan barunya. Tapi, sesudahnya, ia merasa sangat nyaman dan seolah ingin terbang setiap saat bersama mobilnya. Ia menikmati semuanya.

"Kami mengubah sesuatu pada mobil untuk mendapatkan grip ban yang lebih baik. Dan, itu bekerja dengan sangat baik," katanya.

Tugas terakhir Rovanpera dan krunya pada Minggu (17/7) adalah menyelesaikan SS19 hingga 24. Dengan keunggulan waktu yang ia miliki, jelas tak mudah mengejarnya. Terlebih oleh para joki tim Hyundai yang menguntitnya di grup 3 Besar klasemen sementara kejuaraan WRC 2022.

Jika Evans tetap berada di posisi kedua yang berarti menggerus poin Neuville dan Tanak, maka itu akan sangat baik buat Rovanpera dalam misi perbruan gelar juara dunia 2022.

Jelasnya, jika komposisi hasil terakhir seperti hari ini maka total poin Rovanpera di klasemen melambung menjadi 170, sementara Neuville dan Tanak memiliki nilai 92 dan 77.

Di sisi lain Evans naik ke peringkat 4 dengan total poin 75. Ini belum termasuk bonus poin yang diperjuangkan pada power stage di SS24. 

Setidaknya begitulah hitungan yang sudah dipertimbangkan Toyota untuk semakin memuluskan laju Rovanpera mencetak gelar juara dunia perdananya di WRC. Tentu saja mereka juga harus berhitung resikonya di hari terakhir.

Meski hanya 6  SS maka apa saja bisa terjadi di situ. Apakah Rovanpera masih ingin `terbang` lagi dengan resiko yang menanti? Tentu Toyota tak akan membiarkannya. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda