Kejurnas Speed Offroad 2022 Serang: Pukul Balik Arji, Bintang Barlean "Juara Overall" Sekaligus Cetak Hattrick!

Minggu, 17/07/2022 18:08 WIB

mobilinanews (Serang) - "Raja Speed offroad termuda. Boleh gedein berita Bintang Barlean. Anak ajaib. Salut," ujar Deddy, mantan pereli dan pengamat motorsport.

Komentar tersebut disampaikan secara spontan tanpa diminta, usai offroader 17 tahun asal Batam itu memenangi SS (Special Stage)3 dan SS4 putaran 1 Kejurnas Speed Offroad 2022 di Tembong Jaya, Serang, Banten, Minggu (17/7/2022) hari ini.

SS3, Bintang mukul 6 detik ke Arji. Lalu di SS4, Bintang Barlean yang dinavigatori Tiffiany Barlean (sang kakak) kembali menyodok putra sulung Wagub Sumut Ijeck tersebut dengan 12 detik.

Dengan 2 kali berhasil memukul Arji hari ini, dan SS2 pada Sabtu kemarin, setelah diakumulasi Bintang Barlean total mencetak waktu 18:31.642 dari 4 SS. Sedangkan Musa Arjianshah - nama sesuai KTP dari Arji - dengan 18:37.937.

SS4 menjadi titik balik dan penentu keberhasilan Bintang Barlean putra bungsu pengusaha dan offroader senior Frans Barlean yang tinggal di Batam tersebut.

Pasalnya, meski berhasil mencetak waktu tercepat di SS2 dan SS3, belum cukup untuk bisa menggoyahkan Arji sebagai pemuncak klasemen kelas G1.2.

Pasalnya, di SS1, secara telak Arji memukul 20 detik Bintang Barlean yang sama-sama menggunakan mobil UTV Can Am.

Saat memasuki SS penentuan tersebut, Bintang masih defisit 7 poin dari Arji. Maka bagi Bintang berlaku motto, now or never. Namun perjuangan tidaklah mudah. Baik Bintang maupun Arji, dua offroader muda asal Bumi Andalas start bareng pada 2 sisi lintasan.


Pertarungan ketat tampaknya bakal terus tersaji pada lintasan sepanjang 4,8 km tersebut. Namun beberapa saat jelang finish, Arji tampak tertinggal dan rupanya dia sedikit overshoot. Meskipun bisa kembali ke lintasan, Bintang sudah keburu melaju sendirian di depan. 

Sebelum Speed Offroad Tembong Jaya Serang dimulai, Deddy menjagoi Arji. Salah satu alasannya, karena reputasi Arji yang selalu menang di Tembong Jaya selama ini.

Kepada salah satu kru, Bintang kabarnya sempat menyampaikan jika pentil ban mobilnya lepas sehingga kempis ban.

Namun ketika mobilinanews konfirmasi hal itu, "Nggak ada kendala sama sekali, om," ujar Bintang.

Tujuan dari pernyataan tersebut, Bintang tidak mau ada kambing hitam atas kekalahan yang dialami. 

Tanggapan Bintang terhadap kompetitor, termasuk Arji yang selama ini menguasai trofi juara speed offroad di Tembong Jaya, dan spec mobil lebih andal?

"Arjiiii the bestt ih. Kalo nggak diadu ama dia, nggak akan bisa gini juga, om," jawab Bintang tetap low profile. 

Dan secara overall (kejuaraan umum), Bintang Barlean mencetak waktu tercepat diantara 49 speed offroader lainnya di ajang gelaran speed offroad kolaborasi Banteng Motorsport dan Gazpoll Racing Team ini. Sama dengan di Kejurda Stage Park Sprint Rally Jawa Barat di Hambalang, Sentul belum lama ini. 

Namun saat mengungguli Tb Adhi di kejuaraan umum event Sprint Rally Stage Park Sentul, Bintang Barlean tidak dihitung poin overallnya karena kelas Can Am hanya supporting race. Di Kejurnas Speed Offroad di mana kelas G1.2 (Can Am) sebagai salah satu kelas Kejurnas, mestinya Bintang Barlean berhak juara overall. 

Frans Barlean, sang ayah yang kali ini nggak bisa menemani dua putra-putrinya laga di Serang karena ada keperluan pekerjaan di Batam, mengaku sempat pesimis begitu dipukul Arji secara telak di SS1 dan juga kalah dari Bimo Pradikto sehingg bearada di urutan 3.

"Namun saat di SS2, saat Bintang ganti bisa memukul balik optimisme kembali mencuat. Kan saya melihat sendiri ketika Bintang masih 13 tahun, Arji sudah menang-menang terus di Tembong Jaya," ungkap Fras Barlean.

"Usahakan, pertahankan prestasinya dan harus rendah hati, kepada semua orang. Semakin tinggi prestasinya harus tetap banyak belajar dan menimba ilmu," kali ini pesan Anondo Eko, sang manajer tim.

Dengan menang SS2, SS2 dan SS3 secara beruntun, Bintang Barlean berhasil mencetak hattrick 3 kali kemenangan SS.

Dalam skala lebih luas, Bintang bersama Fia benar-benar telah mencetak hattrick dengan menjuarai 3 event yang diikutinya secara beruntun yaitu juara Sprint Rally Piala Raja Jogja, Kejurda Stage Park Sprint Rally Jawa Barat dan Banteng Gazpoll Kejurnas Speed Offroad 2022 di Tembong Jaya Serang hari ini. (bs)

TERKINI
Tips Membeli Mobil Matic Bekas dengan Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Sehari-hari OnePrix 2024 Palopo : Andi Gilang Main di Home Race, Digadang Berjaya Di Tanah Kelahiran Bulukumba Sulawesi Selatan Penjualan Suzuki Melonjak 14 Persen di Maret 2024, Cermin Meningkatnya Kepuasan Pelanggan Ban Goodyear Kini Hadir di B-Quik, Berik anKenyamanan Lebih Untuk Konsumen