WRC 2022 Estonia: Kalle Rovanpera Petik Kemenangan Ke-5, Rivalitas Toyota VS Hyundai Kian Membara di 3 Besar

Minggu, 17/07/2022 23:12 WIB

mobilinanews (Estonia) - Juli tahun lalu Kalle Rovanpera juara di Rally Estonia sekaligus jadi pereli termuda, umur 20 tahun, menjadi juara seri WRC dalam 50 tahun sejarahnya.

Hari ini, Minggu (17 Juli 2022), di tempat dsn seri sama ia juga juara. Itu perbesar potensi jadi juara dunia termuda di akhir musim 2022 dalam usia 21 tahun.

Pereli masa depan Finlandia itu tetap gaspol pada hari terakhir yang melombakan 6 special stage. Tak ada istilah bermain aman meski sudah unggul jauh sejak hari sebelumnya. Dari 6 SS itu ia tercepat di 3 SS. Dengan begitu ia total memenangi 13 dari 24 SS yang dihelat Rally Estonia 2022. 

Di event ini juga Toyota lewat Yaris Rally1 Hybrid menunjukkan dominasinya melawan tim Hyundai dan M-Port Ford di level WRC. Dari 24 SS itu joki Yaris menang di 21 SS. Selain Rovanpera, Elfyn Evans juga tercepat pada 6 SS sedangkan pereli ketiga, Esepekka Lappi menyumbang kemenangan di dua SS hari ini.

Andalan tim Hyundal yang juga pereli tuan rumah, Ott Tanak, akhirnya sukses meraih satu-satunya kemenangan di SS20 hari ini. Dua SS lain diambil joki tim M-Sport Ford kewat Craig Breen di SS1 dan Adrien Formaux di SS18.

Penampilan tanpa kompromi Rovanpera tampak jelas di SS terakhir, 24, yang jadi power stage dengan bonus poin buat 5 Besar tercepat. Meski sudah unggul telak 38,4 detik atas Evans seusai SS23, Rovanpera tetap main agresif. Ia lagi-lagi tercepat dengan bonus 5 poin.

Poin ekstra yang membuatnya semakin kokoh di klasemen sementara dengan total poin 175. Ungguli pereli Hyundai Thierry Neuville di peringkat kedua dengan selisih 83 poin.

"Lagi-lagi kami dapatkan hasil fantastis. Tak ada kata lain kecuali terima kasih kepada Jonne (navigatornya) yang berikan panduan luar biasa. Hal sama dilakukan tim yang membangun mobil ini sangat kencang. Mereka bekerja sangat keras untuk membuat setingan terbaik sepanjang lomba," komentar Rovanpera.

Neuville sendiri finish P4 overall di Estonia di bawah Rovanpera, Evans, dan Tanak. Ini membuat pergeseran di 4 Besar klasemen sementara karena Evans naik ke peringkat 3 menggusur Tanak ke  posisi keempat. Karena Rovanpera sudah unggul jauh di jalur kejuaraan dunia, maka rivalitas keras Toyota dan Hyundai kini beralih ke peperangan Evan melawan dua joki Hyundai. `

Selisih pin mereka terbilang rapat. Neuville (poin 92), Evans (79) dan Tanak (77). Ketiganya diprediksi akan tarung keras memperebutkan posisi runner up kejuaraan dunia 2022. Takamoto Katsuta (Toyota gazoo racing) ikut mengancam dari posisi kelima klasemen dengan jumlah poin 73. Sementara pereli M-Sport Ford terbaik adalah Craig Breen di P6 dengan total poin 60.

Ini kemenangan kali kelima Rovanpera dalam 7 seri WRC 2022 yang sudah digelar.  Dua seri lain jatuh kepada Sebasien Loeb (M-Sport Ford) di Monte Carlo dan Tanak di Rally Sardegna. Tinggal 6 seri di depan. Terdekat pada 4-7 Agustus mendatang adalah Rally Finlandia, home rally Rovanpera yang di atas kertas menempatkannya sebagai favorit juara di sana.

Evans (33 tahun) yang sebenarnya di awal musim didorong Toyota untuk meraih gelar tahun ini setelah dua musim belakangan menjadi runner up kejuaraan dunia WRC, pada akhirnya harus mengakui kehebatan Rovanpera. Ia mengaku angkat topi pada perkembangan istimewa yuniornya itu sepanjang musim 2022.

"Saya harus angkat topi buat Kalle. Saya tak punya jawaban bagaimana ia punya kecepatan seperti itu," kata Evans yang membesut spek mobil yang sama dengan sang jagoan muda Toyota yang baru dua musim tampil regular di WRC.

Sampai jumpa di Rally Finlandia, menanti aksi Rovanpera berikutnya di tengah para pendukungnya yang pastinya akan membludak. (rnp)

 

 

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap