Spesifikasi Toyota GR Yaris AP4, Untuk Karakter Lintasan Reli Indonesia Yang Unik dan Menantang!

Selasa, 26/07/2022 13:48 WIB

mobilinanews (Malang) - Merujuk pada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4), berat minimum kendaraan untuk kategori AP4 adalah 1.230 kilogram.

Untuk itu, modifikasi pada GR Yaris dilakukan hampir di semua sektor seperti penggunaan kap mesin dan pintu bagasi berbahan fiberglass, spion 3D printing yang ringan, serta ventilasi pada kap mesin dan atap dengan bobot yang lebih ringan.

Meski begitu, komponen bodyshell seperti pintu dan atap asli GR Yaris tetap dipertahankan.

Meningkatkan aerodinamika, GR Yaris AP4 dilengkapi dengan side fender besar pada ke-4 roda demi mengalirkan udara dengan baik sekaligus memberikan kesan agresif. 

Spoiler atap besar di belakang dan diffuser besar di bawah ditambahkan untuk meningkatkan downforce.

Suspensi depan dan belakang juga sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan, termasuk travel suspensi agar sanggup bermanuver dengan baik.

Untuk memaksimalkan performanya, GR Yaris AP4 juga sudah memanfaatkan exhaust manifold khusus dan turbocharger boost maksimum 2 bar yang dilengkapi pembatas tekanan udara.

Tenaga dialirkan melalui girboks sekuensial 5-speed dengan rasio gigi sesuai kebutuhan dan sistem AWD menggunakan locked centre differential yang membagi torsi secara merata 50:50 depan-belakang.

Hasilnya, GR Yaris AP4 tampil mendominasi di track Sprint Rally yang sangat menantang.

GR Yaris AP4 dikembangkan oleh TGRI disupport oleh jaringan yang sudah lebih berpengalamam yaitu TGR Australia (TGRA) untuk menghadirkan mobil reli yang tangguh dan andal sesuai dengan karakter lintasan reli di Indonesia yang unik dan menantang.

"Pengembangannya diambil dari GR Yaris yang diciptakan dengan mengusung konsep reverse engineering untuk memenuhi homologasi ajang WRC, sehingga memiliki basis mobil rally yang sudah teruji kemampuannya. Kami harap GR Yaris dapat mendukung TGRI dalam meraih gelar juara nasional tahun ini,” kata Fumitaka Kawashima, Marketing Director PT Toyota Astra Motor. (bs)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh