Tinggalkan F1 Setelah 16 Tahun Berkiprah, Sebastian Vettel: "Saya Ingin Jadi Ayah dan Suami Yang Hebat!"

Jum'at, 29/07/2022 00:03 WIB

mobilinanews (Hungaria) - Kamis (28-7-2022) ini Sebastian Vettel (Jerman/Aston Martin) bikin gempar paddock GP Hungaria di Hungaroring dengan pengumuman pensiun di akhir musim 2022. Caranya bikin pengumuman terbilang lucu. 

Juara dunia 4 kali dengan tim Red Bull Racing itu bukanlah pembalap yang gemar main-main di jagat media sosial. Baru hari ini ia bikin akin instagram dengan bantuan salah satu krunya. Isinya adalah pengumuman resmi keputusan pensiunnya di ajang F1. Itu adalah pernyataan perdananya di instagram dan bisa jadi juga yang terakhir.

Dalam uraian sepanjang 7 alinea, eks pembalap Ferrari itu terkesan melawak dengan perkenalkan  siapa dirinya, bagaimana sifatnya yang keras kepala dan menyebalkan, tapi di sisi lain sesugguhnya suka membuat orang lain tertawa. Termasuk juga warna yang ia suka, aroma roti dan coklat, alam dan sebagainya.

Ia sama sekali tak menyebut prestasi yang jeblok belakangan ini sebagai alasan mundur dari F1. Bukan pula soal umur yang sudah 35 tahun. Tapi, dalam penuturan lainnya dan ini terkesan sangat serius, Vettel menyinggung soal keluarga.

Ia tak sebut itu sebagai alasan pensiun tapi sepertinya itu yang mendorongnya out dari gelanggang F1 setelah 16 tahun berkompetisi dengan hasil 4 gelar F1 berturut pada musim 2010 hingga 2013.

"Siapa saya? Saya Sebastian. Ayah dari 3 orang anak dan suami dari seorang wanita luar biasa. Itu identitas saya di luar balap. Menjadi pembalap tidak pernah satu-satunya identitas saya," katanya.

Gairahnya untuk balapan dan mengejar prestasi selama ini membutuhkan banyak waktu dan enerji. Ia semakin  banyak berpisah dengan keluarga, terutama musim 2022 ini di mana kompetisi sangat padat dengan 22 race dari seharusnya 23, plus jadwal tes pra musim di dua negara. 

"Tujuan saya sudah bergeser dari yang tadinya memenangkan balapan dan kejuaraan menjadi ayah yang secara dekat melihat anak-anaknya tumbuh, meneruskan nilai-nilai yang saya yakini. Membantu mereka ketika jatuh, mendengarkan mereka dan tak lagi mengucapkan selamat tinggal kepada mereka. Dan, yang paling penting, saya bisa belajar dari mereka dan membiarkan mereka menginspirasi saya," tulis Vettel.

"Anak-anak adalah masa depan kita. Saya ingin jadi ayah yang hebat, jadi suami yang hebat," lanjutnya.

Vettel adalah salah satu pribadi yang unik di F1. Agresif di lintasan, vokal menyuarakan suara pembalap terhadap FIA, namun orang yang lembut dalam masalah-masalah kemanusiaan dan sangat toleran pada perbedaaan. 

Sepanjang hidupnya ia hanya mengidolakn tiga tokoh yang semuanya bernama Michael. Yakni Michael Schumacher (F1), Michael Jordan (NBA) dan Michael Jackson (penyanyi).

Perjalanan hidup kemudian membawanya mengikuti jejak Schumacher, rekan senegaranya yang kemudian juga menjadi mentor dan sahabat dekatnya.

Itu pula sebabnya Vettel sangat akrab dengan putra Micahel, Mick Schumacher, yang saat ini tarung di F1 dan secara sukarela menjadi mentornya. 

Sisi unik lainnya adalah kebiasaan Vettel memberi nama gadis pada setiap mobil besutannya di F1 macam Lucia, Julie, Gina, Loria, Lina, Eva, Suzie dan semacamnya. 

"Sangat penting untuk memiliki hubungan dan perasaan dekat dengan mobil. Saya pn menamai mereka dengan nama-nama gadis yang seksi," katanya.

Mulai musim depan kebiasaan itu tentu juga berakhir, seiring dengan niat Vettel menjadi ayah dan suami yang hebat. Tanpa bayang-bayang perempuan lain yang selama ini ia apressiasi lewat nama mobil balapnya. (rnp)

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda