Jaga Keselamatan Pemotor, Yamaha Riding Academy Giat Edukasi Terkait Safety

Jum'at, 05/08/2022 08:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Para pengguna sepeda motor wajib menerapkan safety riding ketika berkendara di jalan raya demi keselamatan diri sendiri dan orang lain. Untuk itu butuh pemahaman teknis berkendara sepeda motor yang bisa diaplikasikan di jalanan.

Yamaha Indonesia menjadi salah satu brand yang mendorong safety riding tersebut. Melalui tim Yamaha Riding Academy (YRA) di berbagai wilayah di Indonesia mereka terus mengedukasi konsumen untuk memahami pentingnya safety riding.

Pada Minggu 31 Juli 2022 di area Yon Zikon, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, YRA melakukan pelatihan safety riding bagi para pengguna XSR 155 sebagai bekal keselelamatan kala riding di jalanan.

Koordinator Chief Yamaha DDS Jabodetabek, Frengky Rusli mengatakan pelatihan ini menunjukan komitmen Yamaha kepada keselamatan pengguna motor Yamaha dan pengguna jalan lainnya. Dalam pelatihan Yamaha selalu melibatkan pelajar, komunitas dan masyarakat umum agar menjadi pionir di dalam penerapan safety riding.

”Edukasi safety riding yang menjadi agenda rutin dan aktif dilaksanakan melalui tim Yamaha Riding Academy (YRA). Kegiatan ini diikuti oleh konsumen maupun komunitas, bahkan juga sampai ke sekolah-sekolah bagi para pelajar sebagai bekal persiapan saat telah memenuhi persyaratan untuk mengendarai sepeda motor di jalanan," ungkap Frengky di Jakarta.

Aktivitas safety riding dari Yamaha mendapatkan antusiasme yang tinggi karena peserta merasakan manfaat untuk membenahi cara berkendara mereka, juga meningkatkan skill sehingga makin nyaman dan percaya diri saat riding di jalan.

Wildan Arditama, salah seorang peserta mengaku training safety riding yang dijalaninya sangat berguna sebagai masukan untuk memperbaiki cara berkendaranya yang sebelumnya tidak tepat.

”Ini pertama kali saya mengikuti pelatihan safety riding dari Yamaha, dan banyak memperbaiki kesalahan yang selama ini saya lakukan ketika berkendara sepeda motor. Jadi saya belajar lebih dalam mengenai fungsi safety gear, bagaimana melewati jalan macet dengan lincah selap selip, dan cara lean with the bike," tuturnya

Dalam pelatihan bareng Yamaha, mereka juga diajarkan bagaimana mengatur perpindahan gear dengan baik, memperbaiki posisi berkendara, meredam emosi saat berkendara dan lainnya. Yamaha tidak hanya mengajarkan teknis berkendara, tapi juga attitude di jalan.

Wildan menambahkan, setelah mendapatkan ilmu dari tim Yamaha Riding Academy, dia langsung mempraktekkannya dan merasa lebih luwes dalam berkendara, serta mampu menguasai emosi saat berkendara motor.

Baginya sebagai penunggang model XSR 155, motor bergaya klasik ini sangat menyenangkan diajak touring ke berbagai daerah, seperti Bogor, Bandung, Malang dan Jember. Apalagi saat ini ia telah mendapatkan pengetahuan yang baik tentang safety riding.(elk)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh