MotoGP Indonesia 2017 Akan Melibatkan 13 Kementerian

Kamis, 24/12/2015 02:40 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Di dalam draft Keppres Indonesian MotoGP Grandprix 2017 yang akan diajukan ke Setneg (Sekertariat Negara) terdapat beberapa poin seperti ketua penyelenggara, pembiayaan yang dibebankan kepada Menpora, detail pembahasan anggaran, serta unsur kementerian yang terkait dengan pelaksanaan MotoGP.

“Setidaknya akan ada 13 Kementerian terkait dan kepolisian yang akan terlibat guna persiapan terselenggaranya MotoGP 2017 di Indonesia. Nantinya Kementerian terkait ataupun yang tidak terkait akan bekerja sesuai tapoksi (tugas pokok dan fungsi)masing - masing,” ujar Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Faisal Abdullah kepada mobilinanews.

Ditekankan Faisal, selain Kemenpora dan Kemenpar (Kementerian Pariwisata), ada kementerian lain seperti pihak Dirjen Bea Cukai dan Imigrasi yang akan kedatangan tamu–tamu mancanegara ke Indonesia dan tentunya memerlukan koordinasi mengenai kesiapan dokumen. Jelang pelaksanaan yang berhubungan degan masalah perlengkapan motor dan lainnya tentunya akan didatangkan lebih dulu. Hal menjadi ranahnya Bea Cukai agar segala keperluannya dapat disupport.

Rencananya anggaran pelaksanaan MotoGP di Indonesia akan dipersiapkan melalui alokasi dana diambil dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) yang diajukan bulan Februari 2017 jika Keppres disahkan Presiden Jokowi. Setidaknya dibutuhkan dana berkisar Rp 145 miliar hanya untuk melengkapi kebutuhan pembangunan serta renovasi Sirkuit Sentul Internasional sebagai tempat penyelenggaraan.

Akankah kebutuhan dana persiapan pelaksanaan MotoGP 2017 dapat digelontorkan melalui APBN atau tetap membutuhkan kolaborasi dengan pihak swasta sebagai penujang modal? Kita tunggu saja perkembangannya.

TERKINI
AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata Meneropong Target Penjualan Jutaan Unit Chery Secara Global