MotoGP 2022: Patah Tulang Tumit, Persiapan Aleix Espargaro ke GP Austria Tak Bisa Maksimal

Selasa, 09/08/2022 01:46 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Tak disadari siapa pun, ternyata tulang tumit kaki kanan Aleix Espargaro sudah patah saat tarung di GP Inggris, Minggu (7 Agustus 2022). Itu membuatnya harus sejenak melipir dan tak boleh main sepedaan jelang GP Austria pada 19-21 Agustus nanti.

Cidera patah tulang itu baru diketahui persis saat pembalap andalan tim Aprilia itu pulang ke Spanyol dan masuk rumah sakit Dexseus Hospital di Barcelona. Di rumah sakit langganan para pembalap motor dunia itu dilakukan x-ray ulang dan dipastikan tulang tumit kaki kanannya patah. Cidera itu muncul saat ia terbang dan terbanting bersama motor RS-GP-nya dalam kecepatan 180 km/jam di sesi FP4,Sabtu (6/8).

Saat itu ia segera dilarikan ke medical center di arena sirkuit. Pemeriksaan x-ray juga dilakukan tapi hasilnya menyatakan Aleix fit untuk kembali ke lintasan. Dan, dengan menahan rasa sakit, ia ikut kualifikasi dan finish P6.

Tapi, setelah itu Aleix mengeluh sakit pada kakinya makin menjadi-jadi. Membuat tim berpikir untuk melarang pembalapnya ikut raceday jika kondisinya tak kunjung membaik. Dan, esoknya dalam pemeriksaan ualng di klinik sirkuit, ia masih dinayatakan layak tanding.

Belakangan Aleix mengaku sepanjang race berdurasi 20 laps itu, ia menahan sakit setiap kali lakukan pengereman. Start dari P6 ia pun akhirnya finish P9, gagal menyalip Fabio Quartararo (Yamaha) yang finish P8.

Padahal sejak jauh hari sebelumnya ia diperkirkan akan meraih keuntungan tersendiri karena Quartararo harus jalani long lap penalty di GP Inggris.

Karena rasa sakit yang makinmenjadi, Aleix pulang lebih epat ke Spanyol dan langsung masuk Dexseus Hospital dimana perlengkapan medisnya lebih lengkap ari klinik sirkuit.

"Hasilnya adalah kepastian tulang tumit Aleix patah," bunyi rilis tim Aprilia pada Senin, 8 Agustus 2022.

Cidera itu tak membutuhkan operasi khusus. Cukup istirahat dalam beberapa hari ke depan dan diharapkan Aleix bisa ikutan dalam GP Austria pada  19-21 Agustus.Hanya saja persiapannya jelas tak maksimal sebagaimana biasanya. Ia dilarang gowes, olahraga favoritnya untuk menjaga kebugaran.

"Selama masa pemulihan itu ia harus gunakan kruk untuk mengurangi beban pada kaki kanannya. Semoga ia pulih pada saatnya,"imbuh tim Aprilia dalam rilisnya.

Ya, semoga salah satu pembalap tertua di kelas primer itu bisa puih tepat waktu. Karena fans menanti pertarungan segi tiganya melawan Quartararo dan Francesco Bagnaia dalam perburuan poin di puncak kelsemen sementara musim 2022. (rnp)

 

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh