GIIAS 2022 : Truk Hino Bawa Kendaraan Komersial Masa Depan untuk Indonesia

Kamis, 11/08/2022 19:05 WIB

mobilinanews (Tangerang) - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) merayakan 40 tahun kiprahnya di Indonesia dengan memperkenalkan truk listrik di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Sebagai pemain utama di pasar komersial, mereka turut membawa sejumlah line up produknya seperti Hino Ranger FM 280 JD Mining Spec, Hino Bus GB 150 AT sebagai model baru berstandar Euro 4, Hino200 Series, Ranger FMX 280 Tractor Head, Hino Dutro 136 HDL 6x2 Plantation, dan Hino Dutro Z EV yang menjadi mobil masa depan.

Berbagai kendaraan yang dihadirkan Hino bertujuan untuk membantu para pengusaha perkebunan, pertambangan, logistik, distribusi dan transportasi lainnya, agar pengusaha dan bisnisnya berjalan lancar.

Kehadiran semua line up Hino ini sebagai bentuk komitmen kiprah mereka selama 40 Tahun mengabdi di pasar komersial Indonesia, termasuk mendukung pemerintah di dalam upaya mengurangi emisi gas buang kendaraan.

Presiden Direktur HMSI, Masato Uchida mengatakan sejak berdiri tahun 1982, Hino terus berkembang dengan pesat sampai saat ini, karena sebagian besar kendaraannya menjadi bagian dalam pembangunan dan distribusi barang di berbagai wilayah di Indonesia.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih, kepada customer Hino Indonesia, atas kepercayaannya selama 40 tahun ini. Karena berkat customer setia kami. Saat ini, Hino berhasil menjadi market leader medium duty truck selama 22 tahun terakhir ini, dengan pangsa pasar diatas 50%” ungkap Masato Uchida di ICE, BSD, Tangerang.

Hino Bus GB 150 AT

Secara detail, Hino Bus GB 150 AT hadir sebagai bus bertransmisi otomatis pertama pada segmen bus medium yang merupakan solusi untuk bus pariwisata, bus rapid transit, atau transportasi di dalam kota, dengan pengoperasian stop & go.

Hino Bus GB 150 AT memiliki Front Overhang (FOH) 1.675mm sehingga bisa diaplikasikan untuk pintu masuk yang lebih luas. GB 150 AT sendiri memiliki dua pilihan wheel base yaitu 3.870 mm dan 4.200mm, serta dua pilihan gear ratio yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Bus medium ini memiliki sistem bahan bakar yang sudah disesuaikan dengan biofuels sehingga lebih tahan terhadap korosi dan suhu yang tinggi. Untuk sisi kenyamanan, GB 150 AT memiliki kemudi yang dapat disesuaikan dengan posisi pengemudi atau tilt & telescopic steering serta adanya fitur eco & fuel consumption indicator untuk memandu pengemudi berkendara secara efisien.

Hino200 Series

Di ajang ini, Hino turut memperkenalkan inovasi produk kedepannya yaitu Hino200 Series. Memiliki panjang sekitar 3 meter, serta panjang wheelbase 2.545mm dan GVW 3.4 ton. Hino200 Series Mempunyai tenaga 144PS / 3.400rpm dengan mesin Euro4 dengan transmisi 5 percepatan.

Truk kecil ini sangat tepat untuk bisnis pengiriman sehari – hari dengan jarak yang pendek dan menembus jalan sempit. Hadir dengan desain unik dan tampilan kabin yang menarik serta fitur yang lengkap. Truk ini dapat hadir dengan aplikasi bodi boks maupun flat deck.

“Hino200 Series, kami perkenalkan dan diskusikan dengan customer setia kami disini, untuk segmen terbaru Hino di pasar truk kecil. Harapan kami truk ini dapat melengkapi jajaran produk Hino yang sudah ada, sehingga customer mendapat pilihan baru untuk meningkatkan operasional bisnisnya” ungkap COO – Director HMSI, Santiko Wardoyo.

Hino Dutro Z EV

Paling spesial di GIIAS 2022, Hino menampilkan kesiapan teknologi truk listrik melalui Hino Dutro Z EV. Menggunakan tipe baterai Lithium Ion dengan kapasitas 40 kWh untuk penyaluran tenaga ke motor listrik.

Hino Dutro Z EV menggunakan tipe normal charging AC type 1 dengan waktu 5 jam atau quick charging DC CHAdeMo dengan waktu pengisian penuh hanya dalam 1 jam. Truk ini mampu menempuh jarak lebih dari 100 km dalam kondisi penuh dan memiliki daya angkut hingga 1 Ton.

Truk ini banyak menggunakan fitur-fitur keselamatan seperti Pre-Collision Safety (PCS) untuk memberi peringatan ketika kemungkinan terjadi tabrakan dari depan. Electric Parking Brake, Clearance Sonar untuk mendeteksi hambatan ketika mobil digas secara mendadak karena salah injak pedal.

Ranger FMX 280 Tractor Head

Ranger FMX 280 Tractor Head dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan angkutan barang seperti Bahan Bakar, B3, peti kemas, dan lainnya, karena Hino Ranger FMX 280 TH memiliki GCW 38 Ton serta tenaga maksimal 285 PS sehingga menghasilkan akselerasi kecepatan dan efiesiensi bahan bakar yang lebih baik di jalan datar.

Hino juga turut meluncurkan produk terbaru, yaitu Hino Ranger FLX 280 JW (8X2) dimana truk ini memiliki wheelbase yang lebih panjang yaitu 1.850 mm + 4.180 mm + 1.350 mm untuk meningkatkan kestabilan dan distribusi beban lebih merata.

Hino Dutro 136 HDL 6x2 Plantation

Hino Dutro 136 HDL 6x2, yang akan segera hadir merupakan light duty truck pertama di Indonesia dengan konfigurasi 6x2 atau 10 roda. Memiliki GVW hingga 14 Ton, membuatnya memiliki aksesibilitas yang baik pada pengoperasian jalan yang sempit. Hino Dutro 136 HDL 6x2 dibuat untuk aplikasi bodi tangki CPO, merupakan solusi untuk kebutuhan pengangkutan CPO di area perkebunan, sehingga tetap produktif dan sesuai regulasi.

Hino200 Series sebagai Future Product

Hino200 Series memiliki panjang sekitar 3 meter, serta panjang wheelbase 2.545mm dan GVW 3.4 ton. Hino200 Series Mempunyai tenaga 144PS / 3.400rpm dengan mesin Euro4 dengan transmisi 5 percepatan. Truk kecil ini sangat tepat untuk bisnis pengiriman sehari–hari dengan jarak yang pendek dan menembus jalan sempit.

“Hino200 Series, kami perkenalkan dan diskusikan dengan customer setia kami disini, untuk segmen terbaru Hino di pasar truk kecil. Harapan kami truk ini dapat melengkapi jajaran produk Hino yang sudah ada, sehingga customer mendapat pilihan baru untuk meningkatkan operasional bisnisnya” ungkap COO – Director HMSI, Santiko Wardoyo.(elk)

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia