MotoGP 2022 Austria: Terbuang dari KTM, Juara GP Indonesia Ini Ditawari Balik Kandang Via GasGas

Sabtu, 20/08/2022 14:35 WIB

mobilinanews (Austria) - Tempat Miguel Oliveira di tim pabrikan KTM sudah beralih ke Jack Miller. Ia ditawari ke tim satelit KTM Tech3, tapi ditolak mentah-mentah oleh rider Portugal itu. "Saya hanya akan ke tim pabrikan,` kata Oliveira lantang.

Itu terjadi empat bulan lalu saat pertama KTM ingn mendepaknya ke tim satelit. Faktanya, hingga saat ini Oliveira tak punya tempat baru. Line up tim-tim parikan sudah  penuh. Satu tempat kosong di Ducati tinggal perebutan bagi Jorge martin dan Enea Bastianini. Pengganti Espargaro di Repsol Honda pun tinggal tunggu pengesahan atas nama Joan Mir. Pabrikan Yamaha dan Aprilia sudah pastikan pakai skuad lama, sedangkan Suzuki sudah pastikan mundur dari MotoGP sebentar lagi.

Pilihannya hanya satu: sudi ke tim satelit atau pensiun?

Menuju tim satelit juga tak mudah karena hanya tersisa peluang di tim RNF yang musim depan jadi tim satelit Aprilia. Motor yang digunakan adalah RS-GP 2022, bukan spek 2023 seperti bakal besutan Aleix Espararo dan Maverick Vinales.

Kondisi itu membuat bos KTM & GasGas Motorsport Pit Beirer melihat celah untuk menahan kepergian Oliveira yang sejauh ini jadi pembalap KTM terbanyak menyumbangkan gelar juara seri MotoGP. Termasuk gelar juara di GP Indonesia, sekaligus sejarah sebagai pembalap MotoGP perdana yang menjadi juara di Sirkuit Mandalika. Beirer tawarkan tempat sebagai teammate Pol Epargaro di tim pabrikan GasGas yang merupakan proyek masa depan KTM Motorsport.

Meski namanya GasGas, motor yang mereka gas adalah KTM RC16 yang sama persis atau identik dengan besutan joki KTM. Artinya, Oliveira tak perlu jalani proses adaptasi karena selama ini telah meraih beberapa podium bersama RC16. Hanya nama yang berubah sementara fasilitas yang diterima Oliveira sama dengan statusnya sebagai rider pabrikan KTM musim ini.

"Saya ingin teman saya ini bertahan dalam keluarga besar KTM. Masih ada peluang di GasGas. Pendamping Pol belum diputuskan," kata Beirer seperti dikutip the-race.

Beirer menyebut sudah menyiapkan proposal kepada Oliveira yang akan dibahas di sela-sela kesibukan di GP Austria pekan ini. Ia merasa tawarannya lebih menggiurkan jika sasaran Oliveira adalah tim pabrikan sebagaimana ia tegaskan empat bulan lewat.

"Kami memberikan penawaran kepadanya. Untuk saat ini bisa jadi tak mudah bagi Miguel. Tapi lain soal jika ia sudah memahami protyek dan tujuan membangun GasGas sebagai tim pabrikan ke masa depan," lanjut Beirer.

Jawaban Oliveira jelas menentukan nasib Remy Gardner yang saat ini memperkuat tim satelit KTM Tech3. Putra juara dunia GP 500 Wayne Gardner itu harus membidik tim baru jika oliveira bilang yes untuk tawaran Beirer. Sama seperti rekan setimnya saat ini, Raul Hernandez, peluang bertahan di kelas primer hanya tersedia di RFN Aprilia nantinya.

Itu pun hanya tersedia satu tempat jika tim besutan Razlan Razali ini mempertahankan Darryn Binder dalam timnya. (rnp)

TERKINI
MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Layanan Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060 PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka