DFSK Gelora E Siap Jadi Kendaraan Umum Listrik di Ibukota Jakarta

Selasa, 23/08/2022 01:08 WIB

mobilinanews (Tangerang) - Penggunaan kendaraan listrik sebagai sarana transportasi sangat dibutuhkan untuk menunjang mobilitas yang efisien dengan mengedepankan konsep berkelanjutan demi lingkungan yang lebih bersih. Apalagi untuk Ibu Kota Negara seperti Jakarta.

Berkaitan dengan itu, DFSK mendukung penuh kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai basis angkutan umum di Jakarta.

Uji coba penggunaan kendaraan listrik oleh PT Transjakarta di area DKI Jakarta mendapatkan dukungan penuh oleh DFSK yang menawarkan DFSK Gelora E sebagai satu-satunya kendaraan komersial ringan listrik yang ada di Indonesia.

Kendaraan ini dianggap sangat cocok untuk digunakan sebagai armada Transjakarta karena menawarkan efisiensi tinggi, nyaman bagi penumpang, fungsional, dan pastinya ramah lingkungan karena tidak ada emisi gas buang yang dihasilkan.

Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi mengatakan DFSK Gelora E menjadi armada yang tepat untuk digunakan oleh Transjakarta karena sangat sesuai dengan semangat menghadirkan transportasi yang berkelanjutan.

"DFSK Gelora E cocok untuk mendukung transportasi ramah lingkungan. Ukurannya yang sesuai, performa yang kuat, mampu menampung banyak penumpang, dan memiliki jarak tempuh yang tinggi membuat DFSK Gelora E sangat cocok untuk memenuhi mobilitas masyarakat DKI Jakarta yang tergolong tinggi,” ungkapnya

Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, DFSK sudah memamerkan 1 unit DFSK Gelora E yang akan digunakan untuk uji coba sebagai angkutan umum dengan rute Jalan Sudirman - Jalan MH Thamrin Jakarta. DFSK Gelora E akan diuji coba selama 3 bulan dan siap untuk memberikan mobilitas bersih untuk Jakarta.

Unit yang ditampilkan ini sudah di desain layaknya bodi Mikotrans JakLingko dengan kombinasi warna biru dan hijau. Mobil ini sudah disesuaikan, untuk menampung banyak penumpang. Ia juga sudah dibekali AC, perangkat hiburan, kamera CCTV untuk pengamanan, hingga GPS.

Dari segi ukuran, DFSK Gelora E memiliki dimensi 4.500mm x 1.680mm x 2.000mm (PxLxT) yang memberikan kabin ekstra luas dan lapang, serta dipadukan dengan kemampuan berkendara yang bisa diandalkan. kendaraan van ini sangat cocok untuk angkutan umum, khususnya di DKI Jakarta, karena bebas polusi dan nyaman untuk masyarakat.

Unit Gelora E menggunakan baterai Lithium-ion dengan kapasitas 42 kWH, yang mampu menempuh jarak 300 KM (berdasarkan metode pengujian New European Driving Cycle/NEDC) . Untuk pengisiannya tidak memerlukan waktu yang lama berkat dukungan fast charging sehingga pengisian daya 20% - 80% hanya membutuhkan waktu 80 menit.

Selain mengusung konsep kendaraan yang ramah lingkungan, DFSK Gelora E juga ditunjang dengan efisiensi energi yang tinggi. DFSK Gelora E cukup membutuhkan biaya energi sebesar Rp 200 per kilometer, atau setara dengan 1/3 dari biaya operasional kendaraan komersial konvensional.(elk)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda