Toyota GR Yaris AP4 Dominan di Meikarta Kejurnas Sprint Rally 2022, Ternyata Ini Penjelasan Tekniknya!

Senin, 22/08/2022 17:38 WIB

mobilinanews (Meikarta) - Kejurnas Sprint Rally putaran 3 bertajuk Meikarta Kejurnas Sprint Rally 2022 merupakan bagian dari Meikarta Autofest 2022 yang diadakan 12 - 21 Agustus 2022 di Central Park Meikarta, Bekasi.

Sebanyak lebih dari 1.000 peserta dilaporkan ikut serta, di mana 80 starter di antaranya berlaga di sprint rally. Kejurnas Sprint Rally sendiri tinggal menyisakan 2 putaran dari total 5 putaran di musim balap 2022.

GR Yaris AP4 yang dikemudikan Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) melesat cepat sejak titik start.

Di hari Sabtu (20/8/2022), tim TGRI berhasil mencatatkan waktu tercepat 03:28.7 menit pada Special Stage 1 (SS1) dan 03:22.7 pada SS2.

Hasil positif ini berlanjut ke hari Minggu (21/8/2022), ketika GR Yaris AP4 berhasil membawa duet pereli Ryan dan Adi mencatatkan waktu tercepat 03:25.6 di SS3 dan 03:23.2 di SS4.

“Track di Meikarta ini sangat berbeda dari dua seri sebelumnya. Sebagian besar lintasan kami lalui adalah aspal dan beton, ada juga gravel (tanah)  namun hanya pendek saja. Hal ini tentu menjadi tantangan baru bagi kami," ujar Ryan Nirwan, pereli andalan Toyota Gazoo Racing Indonesia.

"Saya bersyukur tim dapat menemukan settingan GR Yaris AP4 yang sesuai dengan karakter sirkuit, sehingga saya dan Adi dapat beradaptasi dengan cepat dan tampil konsisten sejak SS1 hingga SS4 dan meraih podium pertama,” lanjut Ryan Nirwan pereli muda asal Balikpapan, Kalimantan Timur.

GR Yaris AP4 Dominan di Ajang Sprint Rally

Kode AP4 di belakang nama GR Yaris mengacu pada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4). Di kelas ini, tim balap dapat melakukan modifikasi membuat mobil lebih ringan. Namun meski begitu, komponen bodyshell seperti pintu dan atap asli GR Yaris tetap dipertahankan.

Berat minimum kategori AP4 dibatasi tidak boleh kurang dari 1.230 kilogram. GR Yaris AP4 juga dilengkapi aero kit untuk mengalirkan udara dengan baik sekaligus meningkatkan downforce. Suspensi depan dan belakang dimodifikasi sesuai kebutuhan supaya andal di segala kondisi jalan.

Untuk memaksimalkan performanya, GR Yaris AP4 memanfaatkan exhaust manifold khusus dan turbocharger boost maksimum 2 bar yang dilengkapi pembatas tekanan udara.

Tenaga dialirkan melalui girboks sekuensial 5-speed dengan rasio gigi sesuai kebutuhan dan sistem AWD menggunakan locked centre differential yang membagi torsi secara merata 50:50 depan-belakang.

Hasilnya, GR Yaris AP4 tampil mendominasi di track sprint rally yang menuntut ketangkasan mobil balap di lintasan pendek.

"Selamat kepada pereli dan tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia yang telah berhasil juara pertama di 3 seri Kejurnas Spint Rally 2022 secara berturut-turut," ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Memanfaatkan basis Pure GR yang dirancang untuk kepentingan rally dunia WRC, lanjut Anton, GR Yaris AP4 memberikan kesempatan luas kepada engineer TGRI untuk meracik seting sasis, mesin, ban, hingga kaki-kaki paling andal bertarung di trek Meikarta Kejurnas Sprint Rally 2022 putaran ke-3 ini.

"Sehingga, performa GR Yaris AP4 begitu kompetitif sejak awal lomba hingga mencatatkan total waktu tercepat. Hasil positif ini semakin memperbesar kesempatan bagi tim TGRI meraih gelar juara nasional pertamannya di ajang sprint rally di musim ini,” yakin Anton. (bs)

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh