Alur Kabel Car Audio Semrawut Berpotensi Mobil Terbakar

Jum'at, 25/12/2015 19:44 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Banyak orang meng-up grade peranti car audio standar pabrikan dengan menambah beberapa perangkat hiburan after market lainnya di mobil. Tujuannya,  agar kualitas sarana penghibur di kabin lebih maksimal dan kualitasnya sesuai selera. Namun ada hal penting  diperhatikan  agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain jeli dalam memilih perangkat yang akan dipalikasikan, alangkah baiknya jika memperhatikan alur kabel-kabel yang menghubungkan perangkat satu dengan lain.

Jika salah langkah tidak menutup kemungkinan memnimbulkan resiko yang fatal. Seperti Honda Freed yang mengalami kebakaran di ruas tol Cipali, Jumat (25/12) pagi tadi.

Menurut Edi Soesanto  instalatur dari rumah audio Cartenz Autosound And Installations, tatanan car audio yang dioperasikan daya listrik yang bersumber  dari  aki kemudian dilasurkan dengan menggunakan media kabel.

Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tutur Edi, gunakanlah kabel berkualitas dan ukurannya juga harus disusaikan dengan daya yang diperlukan  suatu perangkat. Selain itu, kabel harus terproteksi sehingga tidak mudah panas dan terkupas.

“Hati-hati terhadap kabel yang terkupas. Kabel bisa terkoneksi dengan bodi yang notabene kutub negatif sehingga berpotensi mengakibatkan kebakaran.  Jika  menambah peranti tidak memakai kabel asli sebaiknya gunakan soket serta penambahan sekring pada kabel positif,” papar Edi.

Ditambahkan,  peranti yang memiliki daya besar tetapi dikoneksikan dengan kabel berukuran kecil menyebabkan kabel  panas dan bisa terkupas. Bila hal itu terjadi arus daya akan konsleting dan berponetsi  kebakaran.

“Jika ingin melakukan penambahan dan penggantian peranti car audio atau apa pun yang berhubugan dengan arus berdaya listrik sebaiknya serahkan ke tenaga ahli di  bengkel-bengkel car audio yang terekomendasi,” urainya   

Oke, selamat mencoba dan menikmati sarana hiburan di perjalanan semoga selamat sampai tujuan. (Teks Yacob)

adu

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok