Cetak Sejarah Sukses Gelar 7 Event Balap Sepekan, Bamsoet Ingin Meikarta Autofest Jadi Agenda Tahunan IMI

Rabu, 24/08/2022 15:38 WIB

mobilinanews (Meikarta) - Meikarta AutoFest 2022 yang dihelat Central Park Meikarta, Bekasi menjadi saksi keseruan event balap terbesar 2022 ini, khususnya untuk kategori balap mobil.

Event diusung yang Pangarang Racing Team, Meikarta dan IMI Jawa Barat berlangsung pada 12 - 21 Agustus 2022 ini memang gokil. Karena berhasil menggelar 7 event balap hanya dalam 10 hari!

Ketum IMI Pusat Bamsoet saat melepas peserta menandai pembukaan Meikarta Autofest 2022. (foto : motostylerz)

Meikarta Autofest 2022 meggelar event kategori balap mobil dengan status 4 Kejurnas, yaitu Drag Race, Sprint Rally, Adventure Offroad dan Speed Off Road. Sedangkan 3 kategori lainnya dengan status Kejurda Jawa Barat yakni Drag Race, Slalom dan Drifting.

Selain itu, juga digelar kejuaraan Drag Bike dengan status club event yang berlangsung 12 Agustus 2022.

Event terbesar dan pertama di Indonesia ini dihadiri langsung Ketua Umum IMI Pusat yang juga Ketua MPR RI Bambang “Bamsoet” Soesatyo sekaligus membuka gelaran bergengsi ini.

Dalam sambutannya, Bamsoet merasa bangga dengan adanya gelaran otomotif bertajuk Meikarta Autofest 2022 yang dikemas meriah dan cukup megah.

Ketum IMI Jawa Barat Daniel Mutaqien Syaifudin (kanan) dan Fredi Rostiawan sang Ketua Panpel. (foto : motostylerz)

“Digelar selama 10 hari, event ini bisa turut membantu perekonomian daerah hingga nasional. Karena selain festival balap, Meikarta Autofest 2022 juga menyelenggarakan festival kuliner dengan melibatkan 126 UMKM. Ada juga festival musik  memberikan kesempatan kepada para musisi lokal dan nasional serta para seniman tampil dalam live music performance. Sehingga selain meningkatkan prestasi pembalap, gelaran ini juga memberikan multi effect besar bagi masyarakat sekitar,” terang  Bamsoet.

Fredi Rostiawan selaku Ketua Penyelenggara melaporkan Meikarta Auto Fest turut menyajikan wahana bermain anak, Test Drive mobil dan Gokart Race experience diikuti 1.000 lebih pembalap.

Tercatat 919 pembalap turun di Kejurnas Drag Race, 46 pembalap di Kejurnas Speed Offroad, 81 pembalap di Kejurnas Adventure Offroad, 80 pembalap di Kejurnas Sprint Rally, 150 pembalap di Kejurda Slalom, serta 25 pembalap di Kejurda Drifting.

Fredi Ojo Rostiawan dinavigatori Mezzara (putrinya peslalom nasional) bertindak sebagai driver Zero Car

“Kerjasama IMI dengan Meikarta didukung berbagai pihak yang selama ini telah terjalin dengan baik harus tetap dipertahankan. Sehingga kita bisa saling bersinergi dan menguatkan untuk membina serta meningkatkan prestasi pembalap sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar,” imbuh Bamsoet

Meikarta Auto Fest 2022 akhirnya terbukti menjadi event balap terbesar sekaligus pertama di Indonesia yang sukses menggelar 7 kejuaraan balap mobil dan drag bike dengan status Kejurnas serta Kejurda Jabar.

Event yang berlangsung di Central Park Meikarta ini dimulai sejak 12 hingga 21 Agustus 2022 kemarin, berikut diprakarsai oleh Pangarang Racing Team, URO & Club otomotif Jabar lainnya, juga didukung penuh IMI Jabar dan tentunya Central Park Meikarta Bekasi. Tidak heran keberhasilan tersebut bisa menjadi patokan untuk menggelar lagi event besar selanjutnya.

Menggunakan mobil rally yang proper dan kompetitif untuk Zero Car

Sementara itu Daniel Mutaqien Syafiuddin (DMS) selaku Ketua IMI Jabar yang ikut mendampingi Bamsoet menyambut bangga dan gembira atas sukses pelaksanaan Meikarta Auto Fest 2022.

“So pasti terharu dan bahagia dengan suksesnya acara ini, khususnya apresiasi tinggi untuk kerja keras dari penyelenggara dan seluruh pihak yang telah membantu berjalannya dengan baik Meikarta Auto Fest ini. Ke depannya kita akan jadikan event ini menjadi kalender tahunan,” jelas Daniel Mutaqien Syafiuddin.

“Setelah dipantau langsung Ketua Umum IMI Pusat, Pak Bamsoet merencanakan menggelar event Jambore Otomotif yang tentunya acara tersebut bakal dikemas lebih besar lagi. Dan ini menjadi tantangan buat kami," sebut  Fredi Rostiawan sang Ketua Panitia.

Bersama dengan skuad Bintang Automotive penyelenggara event Sprint Rally

Selaku Panpel, Fredi juga terus melakukan evaluasi. Seperti saat event tahun lalu, di mana mobil Citroen C3 R5 yang dikendarai Sean Gelael dan Bamsoet (co-driver) keguling di ajang Kejurnas Sprint Rally.

"Waktu tahun lalu Bamsoet keguling sama Sean, kan sempat dibahas zero car yang kurang proper. Nah sekarang  zero carnya mobil rally dan saya sendiri drivernya. Timenya juga fight dengan mobil-mobil sekelasnya," ungkap Fredi.

Maksudnya, zero car sekarang juga mobil rally, tidak pelan-pelan bawanya, safety dan menyelesaikan seluruh 4 Special Stage jelang start, yang artinya route untuk Meikarta Kejurnas Sprint Rally 2022 aman dan layak. (bs)

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen