Potensi Pasar Besar, AstraPay Dukung Kemajuan UMKM dengan Digitalisasi

Sabtu, 27/08/2022 01:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - AstraPay ikut mendukung digitalisasi UMKM terutama melalui layanan pembayaran digital. Salah satu bentuk dukungan AstraPay saat ini adalah dengan menjadi sponsor dari kegiatan yang diadakan oleh CARInih dan Smesco Indonesia dalam program CARIpreneur.

Sebagai sponsor kegiatan ini, AstraPay mendukung rangkaian program dalam CARIpreneur yang bertujuan untuk memfasilitasi UMKM untuk masuk ke ranah digital.

AstraPay juga akan menjadi pionir dalam program ini untuk mengenalkan pembayaran digital dan menjadi mitra bagi UMKM untuk menerapkannya dalam usaha mereka.

CARIpreneur merupakan wadah untuk kompetisi UMKM dengan tagline Serukan Kreasi Bisnismu Tanpa Batas! serta merangsang ekosistem untuk saling mendukung dan berkolaborasi dengan mengoptimalkan teknologi.

Program kompetisi ini dapat diikuti siapa pun untuk berkreasi tanpa batas dengan mengembangkan bisnis atau usahanya dalam dunia digital.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM lebih berkembang dalam ranah digital melalui serangkaian kegiatan dan kompetisi. AstraPay juga akan hadir sebagai salah satu dewan juri.

AstraPay sendiri adalah layanan pembayaran digital dari Astra yang bersinergi dengan ekosistem Astra dan mendorong digitalisasi pembayaran dalam berbagai layanan Astra seperti pembayaran cicilan motor, cicilan mobil, premi asuransi, hingga bengkel.

Meskipun baru secara resmi diluncurkan tahun lalu, hingga saat ini AstraPay telah memiliki lebih dari 12 juta downloader dengan gross transaction value (GTV) sebesar Rp 16 triliun.

Pencapaian tersebut tentu menjadi semangat untuk AstraPay dapat terus mempermudah masyarakat, terutama UMKM, dalam menggunakan layanan keuangan digital. Dalam hal ini, AstraPay juga mendukung peningkatan literasi & inklusi keuangan.

“Para pelaku UMKM dapat menikmati berbagai benefit yang menarik bila bergabung menjadi merchant AstraPay mulai dari pormo berupa cashback hingga adanya fasilitas pinjaman modal usaha. Untuk bergabung menjadi merchant AstraPay mudah saja, bisa mengakses link bit.ly/UMKMAstraPayGeneral ” ungkap Chief Marketing Officer dari AstraPay, Reny Futsy Yam di Jakarta.

UMKM merupakan salah satu sektor yang berkontribusi besar terhadap pendapatan negara. Menurut data BPS, UMKM berkontribusi terhadap 60% Produk Domestik Bruto (PDB). Untuk itu, sektor ini merupakan salah satu sektor yang didorong oleh pemerintah untuk terus berkembang.

Pemerintah menargetkan pada tahun 2024 sebanyak 30 juta UMKM sudah go digital. Menurut data dari Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) sampai pertengahan 2022, sudah ada 19,1 juta UMKM yang menggunakan platform digital dalam usahanya.

Kementerian Koperasi dan UKM menyebut bahwa sektor bisnis UMKM di Indonesia di 2021 telah mencapai 64,19 juta dengan kontribusi PDB sebesar Rp8,6 triliun.

Angka ini bisa diperkuat dengan proses digitalisasi bagi UMKM. Digitalisasi akan memberikan potensi pemasaran serta perluasan ranah bisnis bagi para pengusaha UMKM.(elk)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap