MotoGP : 3 Pembalap Ini Dapatkan Kursi Baru Untuk Musim 2023, Salah Satunya Pendamping Marc Marquez

Selasa, 30/08/2022 22:20 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Beberapa hari lalu Enea Bastainini (Italia) dipromosikan dari tim satelit Gresini ke tim pabrikan Ducati. Selasa (30 Agustus) giliran tiga pembalap kelas primer lain yang menyusul berganti tim pada musim depan.

Tim berbendera Malaysia, RNF. yang tahun ini jadi tim satelit Yamaha mengumumkan line up barunya untuk musim 2023. Berbarengan dengan peralihan RNF menjadi tim satelit Aprilia tahun depan.

Mereka adalah dua rider tim KTM yang tercampak dari skuadnya. Yakni Miguel Oliveira (Portugal) yang out dari tim pabrikan KTM. Ia digantikan Jack Miller (out dari Ducati dan digantikan Bastianini).

Satunya lagi adalah Raul Fernandez (Spanyol) yang sejak musim lalu memperkuat KTM Tech3 setelah jadi runner up Moto2 2020. Tahun depan akan digantikan Pol Espargaro (Spanyol) yang harus tinggalkan tim Repsol Honda di akhir musim ini. 

Oliveira dan Fernandez plus RNF akan memulai era baru dengan munculnya tim satelit Aprilia untuk kali pertama. Motor yang mereka geber pun terbilang kompetitif seperti Aprilia RS-GP besutan Aleix Esparagro yang berhasil tarung di level perebutan gelar musim 2022.

Karena itu pemilik tim RNF Razlan Gazali optimistis para petarung mudanya bisa bikin kejutan tahun depan, terlebih Oliveira yang sudah meraih beberapa kemenangan bersama KTM, termasuk di GP Indonesia silam.

Saat ini RNF Yamaha diperkuat Andrea Dovizioso dan Darryn Binder. Pekan depan seusai GP San Marino, Dovizioso akan umumkan pensiun dari MotoGP. Ia digantikan Cal Crurtchlow (tester Yamaha) hingga akhir musim 2022. Sedangkan Binder kini tengah mencari tim di kancah balap Moto2.

Pembalap ketiga yang bakal menghuni rumah baru adalah juara dunia 2020 Joan Mir (Spanyol/Suzuki) yang akhirnya resmi jadi pembalap Repsol Honda setelah menjadi rumor dalam 4 bulan terakhir.

Ia menggantikan Espargaro yang dalam dua musim di Honda sama sekali tak mampu bersaing seperti harapan pabrikan Jepang itu. Ia akan balik kandang ke KTM, namun berada di tim satelit yang tahun depan bernama GasGas Tech3 Team.

Honda Racing Corporation (HRC) melalui rilis resmi menyebut kontrak Mir berlaku hingga musim 2024. Ia akan dampingi pembalap utama Honda Marc Marquez yang juga terikat kontrak hingga 2024.

Mir akan berkolaborasi lagi dengan rekan abadinya di tim Suzuki, Alex Rins, yang sudah lebih dulu ikat kontrak dengan LCR Honda menggantikan Alex Marquez (pindah ke Gresini gantikan Bastianini).

Dengan predikat juara dunia 2020, banyak yang berharap Mir akan mampu cepat beradaptasi dengan Honda RC213V. Bisa berkolaborasi dengan Marquez untuk membawa Honda kembali ke papan atas setelah terpuruk dalam dua musim terakhir.

Sebaliknya, banyak pula yang meragukannya sukses karena karakteristik RC213V yang hanya cocok bagi Marquez. Contohnya adalah Jorge Lorenzo, meski punya tiga gelar juara dunia MotoGP nyatanya tak kunjung mampu beradaptasi dan akhirnya frustasi bersama Honda.

"Semoga pengalaman saya selama ini bisa berkontribusi dalam tim baru. Saya senang bergabung dengan Honda dan berjuang untuk meraih kembali gelar juara dunia," tutur Mir. (rnp)

 

 

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap