MotoGP : 4 Rider Ini Belum Jelas Nasibnya, Termasuk Adik Valentino Rossi, Ini Daftar Lengkap Skuad 2023

Rabu, 31/08/2022 00:18 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Dengan pengumuman Joan Mir ke Repsol Honda musim maka seluruh kursi tim pabrikan MotoGP ke musim 2023 sudah terisi. Tak demikian halnya di tim satelit. Masih tersisa 4 pembalap dari 3 tim yang masa depannya belum jelas atau dipertegas.

Sebenarnya ada tim pabrikan baru mulai tahun depan, yakni GasGas Tech3 yang merupakan perubahan nama dari KTM Tech3. Statusnya pabrikan untuk mendongkrak brand GasGas yang tak lain adalah industri motor Spanyol yang sudah dimiliki KTM. Pembalapnya yang sudah pasti pada musim 2023 adalah Pol Espargaro yang akhir tahun ini bakal cabut dari tim Repsol Honda

Pendamping Esparagro belum diumumkan. Namun calon tunggalnya adalah Remy Gardner (juara dunia Moto2 2020) yang saat ini memperkuat tim Tech3 KTM. Disebut calon tunggal karena jiki tim Tech3 lainnya, Raul Gonzalez, hari ini sudah diumumkan resmi jadi pembesut tim satelit RNF Aprilia tahun depn.

Hal sama menimpa tim satelit LCR Honda. Pembalap yang sdauh dikonfirmasi adalah Alex Rins yang sat ini bertarung untuk tim Suzuki dalam tahun terakhir pabrikan Jepang ini manggung di MotoGP.  Satu kursi yang saat ini ditempati Takaaki Nakagami belum jelas statusnya.

Rumor menyebut pembalap Jepang yang banyak alami kecelakaan itu akan digantikan pembalap Jepang lainnya, Ai Ogura, yang musim 2022 ini tengah bertarung berebut gelar juara dunia di Moto2.

Dua slot lain yang juga belum jelas adalah line up tim VR46 Ducati yang dgawangi Luca Maritni yang tak lain adalah adik tiri Valentino Rossi sealigus pemilik tim. Tahun ini ia didampingi pembalap ruki Marco Bezzecchi. Keduanya disebut-sebut bakal bertahan untuk posisi 2023.

Namun belakangan ada isu untuk menampung pembalap muda jebolan VR46 racing Academy lainnya, Celentino Vietti, untuk naik ke MotoGP.

Saat ini rider 20 tahun itu bertarung di level Moto2 dan berada di grup 3 Besar guna bertarung berebut gelar 2022. Jika ia naik ke MotoGP belum jelas juga siapa yang akan digantikan. (rnp)

Berikut adalah daftar lengkap line up MotoGP 2023:

YAMAHA - Fabio Quartararo & Franco Morbidelli

DUCATI - Francesco Bagnaia & Enea bastianini

HONDA - Marc Marquez & Joan Mir

KTM - Brad Binder & Jack Miller

APRILIA  - Aleix Espargaro & Maverick Vinales

GASGAS TECH 3 - Pol Espargaro & Remy Gardner (/)

PRIMA PRAMAC DUCATI - Johann Zarco & Jorge Martin

RNF APRILIA - Miguel Oliveira & Raul Hernandez

LCR HONDA - Alex Rins ^ Nakagami Takaaki/Ai Ogura (?)

GRESINI DUCATI - Fabio Di Giannantonio & Alex Marquez

VR46 DUCATI - Luca Marini/Marco Bezzecchi/Celentino Vietti (?) 

 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda