5 Hal Yang Jangan Dilakukan Saat Berkendara Malam Hari

Minggu, 27/12/2015 01:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pergi berlibur menggunakan mobil, banyak hal yang mesti diwaspadai, terlebih jika menyetir di malam hari. Setidaknya ada 5 hal yang jangan dilakukan saat berkendara.
 
1. Jangan terlampau dekat dengan kendaraan yang berada di depan terlebih jika kendaraan yang berada di depan Anda adalah bus ataupun truk. Dimensi bus dan truk yang besar membuat visibilitas untuk mengetahui mobil dari lawan arah tidak maksimal.
 
2. Jika hendak menyalip mobil yang berada di depan, selain menggunakan lampu jauh sebagai penanda, gunakan juga klakson sebagai pengingat dan pastikan jarak mobil aman dan terdapat jeda kosong didepan mobil yang akan Anda salip. Selain memastikan jarak aman saliplah mobil satu persatu, jika ragu untuk menyalip lebih baik urungkan niat untuk menyusul kendaraan di depan Anda.
 
3. Jangan hanya mengandalkan klakson saat memasuki tikungan, beri tanda lampu jauh yang agak lama kemudian kedipkan beberapa kali. Hindarilah menyalip di kondisi tikungan yang menanjak, karena akan berbahaya jika tidak sigap sementara kendaraan dari lawan arah dalam kecepatan tinggi.
 
4. Hindari memaksakan diri saat sudah dirasakan mengantuk, karena jam tubuh manusia idealnya berkendara tidak lebih dari 4 jam lamanya. Jangan memaksakan diri dengan mengkonsumsi suplemen ataupun kopi, karena kedua makanan dan minuman ini sifatnya hanya sementara. Lebih baik menepi untuk memejamkan mata sejenak kemudian melakukan perengangan sebelum memulai nyetir agar peredaran darah lebih lancar.
 
5. Jangan menepi di tempat yang minim penerangan. Maksimalkanlah fasilitas umum seperti pom bensin, masjid, atau jika perlu di kantor polisi. Jika Anda beristirahat di dalam mobil dengan kondisi ac dan mesin menyala, bukalah sedikit jendela dan kuncilah mobil sehingga lebih aman ketika Anda terlelap.
 
Dengan menghindari 5 hal yang jangan Anda lakukan saat berkendara di malam hari, perjalanan akan terasa lebih aman dan nyaman. Satu hal lagi yang perlu dilakukan, bawalah lampu atau bohlam cadangan, untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu bohlam putus di tengah jalan.
 
Tetap aman berkendara ya, ingat keluarga Anda menanti selamat sampai di rumah.

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda