Kejurnas Motoprix Sawahlunto Sukses Digelar, Gubernur Sumbar Mahyeldi Janjikan Renovasi Sirkuit Kandi

Selasa, 06/09/2022 00:28 WIB

mobilinanews (Sawahlunto) - Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (Pengprov IMI) Sumatra Barat baru saja sukses menggelar ajang Kejurnas Balap Motor Region A Putaran 2.

Balapan yang populer dinamai Motoprix ini dibuka Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Minggu (4/9/2022) di Sirkuit Kandi, Sawahlunto.

Ada beberapa indikator sukses. Pertama, dilihat dari peserta yang hadir.

"Motoprix Region A Putaran 2 diikuti 40 team balap papan atas di Sumatra. Seminggu sebelum event, hotel dan penginapan full," buka Indra Yunaidi, Ketua Pelaksana yang lebih familiar disapa Oyon.

Tentu saja ini membuat puas Pengprov IMI Sumbar. "Tim balap dan pembalap Region A hadir dari Aceh hingga Lampung. Ditambah lagi, podium didominasi racer Sumbar pada kelas Expert dan Novice. Puji syukur dan selamat atas perjuangan," bangga Defri Nasli, Ketua Pengprov IMI Sumbar yang pernah merasai panasnya persaingan di sirkuit.

Berikutnya, untuk pertama kali Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menginjak aspal Sirkuit Kandi. Melihat kondisi trek dan antusias pembalap serta penonton, timbul simpati. Gubernur janjikan akan alokasikan anggaran tahun depan untuk renovasi Sirkuit Kandi Sawahlunto.

"Nanti di anggaran perubahan. Tujuannya meningkatkan pariwisata Sumatra Barat, khususnya Sawahlunto. Misinya melahirkan atlet berprestasi dari cabang olahraga balap motor," tutur Mahyeldi Ansharullah, Gubernur Sumbar yang dilantik 25 Februari 2021 lalu.

"Kita berharap Gubernur bisa memfasilitasi untuk renovasi sirkuit. Yang perlu sekali pengaspalan ulang dan meningkatkan fasilitas pendukung. Dengan begitu, kita bisa membawa event nasional bergengsi ke Sumatra Barat," yakin Defri Nasli.

Jika event akbar digelar, bisa meningkatkan sektor UMKM dan meramaikan pariwisata Sawahlunto. "Oleh sebab itu, mohon dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi dan Kota agar kita bersinergi untuk renovasi Sirkuit Kandi," sebut Defri Nasli.

Kondisi ini pun dipantau Prof Is Prima Nanda, mantan Ketua IMI Sumbar dua periode yang ikut hadir.

"Saya berikan apresiasi buat IMI Sumbar di bawah kepemimpinan adinda Defri Nasli. Bagus dan maju dibandingkan waktu zaman saya," ungkap Prima. Pada era itulah Sirkuit Kandi Sawahlunto dibangun tahun 2005.

Nah, kalau memang ingin renovasi, sekalian saja dijadikan sirkuit terbaik. Setidaknya untuk Sumatra. Dipastikan event bakal banyak digelar. Soal antusias penonton, tak perlu lagi diragukan, pasti ramai.

Gasspol! (bangVe)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag