Kapolri : 150 Ribu Personil Gabungan Siap Amankan Malam Pergantian Tahun 2016

Minggu, 27/12/2015 23:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Setelah perayaan Natal 2015 yang berlangsung aman dan terkendali, kini Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bersiap menghadapi momen perayaan Tahun Baru 2016.

Terhitung sejak hari Rabu lalu (23/12), Polri sudah menyiagakan sebanyak 80.197 personil di seluruh Indonesia dibantu TNI dan beberapa instansi terkait lainnya. Semua bahu-membahu mengamankan tiga hari besar nasional dalam satu komando Operasi Lilin 2015.

"Kami akan siapkan sebanyak 1.557 Pos Pengamanan, 138 Pos Pelayanan serta 988 unit CCTV di titik-titik rawan sebagai bentuk antisipasi kami dalam menjaga peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat," jelas Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti kepada wartawan dalam Apel Operasi Lilin 2015 yang berlangsung di lapangan Polda Metro Jaya, Jakarta, (23/12).

Persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru terlihat sangat serius. Termasuk Apel Siaga yang diselenggarakan serentak di seluruh jajaran Polri. Melalui Apel tersebut, pengecekan kesiapan akhir dari operasi yang dijalankan akan terpantau, mulai dari personil hingga sarana penunjang operasi.

"Yang pasti kita akan kerahkan sekitar 150 ribu personil terdiri dari Polri, TNI serta instansi terkait lainnya. Semoga upaya yang kita lakukan bersama ini, perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan dengan aman," pungkas Badrodin Haiti.

Khusus di wilayah DKI Jakarta, sebanyak 8.978 personil akan turun ke lapangan untuk mengamankan malam pergantian tahun. Bahkan sejak 24 Desember kemarin hingga 2 Januari 2016 nanti, Operasi Zebra rutin dilaksanakan.

"Ini merupakan upaya pencegahan untuk menekan kecelakaan di jalan raya," kata Iqbal, Kabid Humas Polda Metro Jaya di tempat yang sama.

Dijelaskan olehnya bahwa menjelang pergantian tahun ini, semua telah disiapkan, termasuk pengalihan arus yang nanti akan diberlakukan oleh Polda Metro Jaya agar nantinya masyarakat tetap aman dan nyaman melewati malam tahun baru.

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda