Rifat Sungkar Tercepat Leg 1 APRC Danau Toba Rally 2022, Sempat Terkendala Ban di SS Awal

Minggu, 25/09/2022 01:38 WIB

mobilinanews (Parapat) - Pereli international Rifat Sungkar dari Mitsubishi Xpander Rally Team berhasil menempati posisi kesatu Leg 1 hari Sabtu (24/9/2022) APRC Danau Toba Rally 2022 di kawasan perkebunan tanaman industri PT Toba Pulp Lestari, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara.

Dalam 8 SS (Special Stage) itu, Rifat Sungkar yang berpasangan dengan co-driver Ben Searcy (Australia) berhasil mencetak waktu tercepat 1 jam 19 menit 56,4 detik untuk total jarak 105,10 km.

Untuk posisi kedua disandang Musa Rajekshah, yang akrab dengan panggulan Ijeck dari Bla Bla Bla Motorsport. 

Pereli tim Jagonya Ayam, Sean Gelael dengan co-driver Hugo Magalhaes menempati posisi ketiga. 

Rifat bersyukur tak mengalami banyak kendala di APRC kali ini. Rifat mengaku bukan hanya Sean yang menjadi pesaing, ia juga mewanti-wanti pacuan Ijeck dengan Skoda Fabia-nya.

"Kita lihat maping juga dari Sumatra Utara, bang Ijeck permainannya bagus. Saya senang melihatnya. Artinya, reli pasti akan ada terus. Positifnya, kalau kompetisi saat ini, nanti kita bisa mendapatkan kualitas dari kompetisi yang sangat baik," kata Rifat yang juga sempat mengalami masalah ban di SS awal.

Sean Gelael sejatinya menjadi panglima perang ajang pertarungan kecepatan di Danau Toba Rally 2022 dengan membuktikan dirinya yang tercepat di seluruh 8 SS Leg-1 yang digelar mulai pukul 06:42 WIB (first car) hingga pukul 20:31 WIB. (latest Overnight Parc Ferme). 

Total SS time Sean Gelael dengan mobil Citroen C3R5-nya adalah 01:16:57.1, Rifat mencatat 01:19:56.4 dan Ijeck 01:22:18.8. Namun sayangnya, posisinya terpaksa melorot ke peringkat 3 menjadi dengan total waktu 1:24:57,1 (Partial Unofficial Classification Leg-1) karena mendapat penalti 8 menit.

Pereli 26 tahun itu dihukum karena terlalu cepat keluar dari Technical Zone Out (TC 8B), di mana Sean seharusnya berada di lokasi tersebut selama 10 menit (Target Time). Tetapi, baru 2 menit di dalam Pre Service Parc Ferme, ia sudah keluar. 

"Sean Gelael terkena pinalti 8 menit karena kecepatan melapor kepada petugas TC (time control)," ungkap Elwin Siregar, Pimpinan Perlombaan.

Alhasil, posisinya langsung terlempar ke peringkat ketiga, dengan selisih total waktu sebesar 05:00.7 di bawah Rifat Sungkar dan posisi oleh Musa Rajekshah yang juga Wagub Sumatra Utara. 

Sedangkan Ryan Nirwan (Toyota Gazoo Racing Indonesia) hanya mampu menempati posisi 9 karena sempat tergelincir keluar lintasan di SS 4.

Pereli Malaysia Karamjit Singh/Jagdev Singh juga terpaksa harus berhenti lebih awal karena mobil Proton-nya mengalami kerusakan power steering dan differential di SS 2 yang menyebabkan roda mobilnya terkunci total. 

Ganasnya lintasan juga membuat mobil Mitsubishi Mirage Proto yang dikendarai sang Ketua IMI Sumatra Barat, Harun Nasution (Bla 
Bla Bla Motorsport) terguling di SS 2 setelah sebelumnya mengalami rem blong di SS 1.

Juara Reli Nasional 3 kali, Subhan Aksa, juga gagal menuntaskan Leg 1 karena piringan rem mobilnya pecah di SS 6.

Hujan lebat pada malam sebelumnya membuat lintasan licin sehingga cukup menyulitkan peserta. Cuaca yang berangsur terik membuat lintasan SS 2 (Huta Tonga 1) lebih bersahabat sehingga para pereli lebih pede menggeber mobilnya. 

Sean Gelael tampil all out di SS 6 sepanjang 16,67 Km itu. Ia mengaku memang lebih suka jika lintasan sedikit basah.

"Balapannya seru, lebih rough dan lebih sulit untuk mobilnya. Tapi semua aman, it`s a nice stage bebatuan juga. Lebih enak kalau gerimis karena di jalan bebatuan jadi tontonan menarik bagi penonton," kata Sean kepada tim Media Center Danau Toba Rally. 

Pada Leg 1 ini banyak peserta yang berguguran. Dari 65 peserta yang tertulis pada starting list, hanya 36 pereli yang bisa menuntaskan perlombaan. 

Pereli asal Sumatra Utara, Agung/Ibnu Akbar bahkan terperosok ke jurang sehingga tak dapat meneruskan lomba. 

Leg 2 dengan 4 SS Danau Toba Rally 2022 akan dimulai pada Minggu (25/9/2022) pukul 07.30 WIB dengan 57 starting list 57 pereli. (bs)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh