Polisi Perbanyak Kamera ETLE, Mari Kedepankan Etika Berkendara Aman dan Nyaman

Senin, 26/09/2022 02:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Polda Metro Jaya mengumumkan rencana menambah kamera ETLE untuk mengawal pengendara di jalan.

Auto2000 mengajak AutoFamily untuk terus mengimplementasikan perilaku berkendara yang beretika, taat aturan lalu lintas, dan tidak emosi atau membuat pengendara lain tak nyaman hingga marah, demi keamanan dan juga kenyamanan berkendara.

Nah berikut beberapa perilaku yang sebaiknya tak dilakukan oleh AutoFamily.

1. Dilarang Memonopoli Lajur Jalan

Usahakan tidak berjalan lambat di lajur cepat atau lane hogger sehingga mengganggu laju kendaraan yang lebih cepat. Pun saat di lajur kiri, patuhi aturan batas kecepatan minimal supaya tidak menghambat arus lalu lintas. Selain melanggar aturan lalu lintas juga dapat membuat pengguna jalan lain tak nyaman.

2. Dilarang Bermain Gadget

Meskipun sudah berkali-kali diingatkan, tetap ada pengemudi yang bermain ponsel atau gadget. Seringkali mereka tidak sadar akan pergerakan kendaraan saat sibuk dengan ponsel. Bila tertangkap kamera ETLE, bisa kena tilang. Hal ini juga berbahaya karena  hilangnya konsentrasi terhadap kondisi jalan dapat beresiko menyebabkan kecelakaan.

3. Dilarang Belok Tanpa Sinyal Lampu Sein

Dari jauh sebelum persimpangan yang dituju, AutoFamily harus sudah memberikan tanda ingin berbelok. Dengan begitu, pengguna jalan lain bisa siap dan mengantisipasi pergerakan mobil untuk mencegah kecelakaan dan pertikaian.

4. Dilarang Menggunakan Klakson Semaunya

Klakson memang diciptakan untuk memberikan isyarat atau peringatan kepada pengguna jalan lainnya. Namun bukan berarti boleh menyalakan semaunya sehingga mengganggu yang lain. Cukup tekan klakson sekali untuk memberikan isyarat. Termasuk pula pemakaian lampu dim atau lampu jauh di malam hari.

5. Dilarang Melanggar Rambu Lalu Lintas

Terdengar klise, tapi masih banyak pengemudi mobil yang tidak mematuhi aturan lalu lintas. Padahal aturan dalam bentuk rambu lalu lintas dipasang untuk ketertiban dan keamanan semua orang.

6. Dilarang Bersikap Egois

Jangan melakukan tindakan egois yang dapat membuat orang lain marah. Seperti menyerobot antrian di gerbang tol atau pom bensin. Atau menggunakan bahu jalan untuk menyalip kendaraan lain. Bahkan bisa juga berhenti saat lampu merah namun menghalangi jalur kendaraan lain yang ingin berbelok/tetap jalan (sesuai rambu di arah jalannya). Ingatlah bahwa pengemudi lain berlaku tertib untuk keamanan dan kenyamanan semua pihak, termasuk AutoFamily.

7. Dilarang Mengabaikan Servis Berkala Mobil

Salah satu hal penting sebelum mengemudikan mobil adalah memastikan kendaraan laik jalan dan sehat. Nah salah satu caranya tak mengabaikan servis berkala, supaya semua komponen mobil berfungsi dengan baik, dan tak menjadi pemicu kecelakaan.

Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 menyediakan Promo Kupon Servis dan Ganti Oli Toyota untuk AutoFamily yang ingin memeriksa kondisi aki di luar servis berkala dengan memanfaatkan Kupon Servis General Check Up seharga Rp 80.000 untuk semua model Toyota kecuali Camry dan Alphard-Vellfire.

Promo lainnya adalah Promo Auto Sehat Serba Hemat, antara lain SEHATOLI, SEHATKOPLING, SEHATSHOCK, SEHATAKI, SEHATBAN, dan SEHAT BRAKE. Paket SPONTAN juga masih dapat dimanfaatkan.

“Untuk menjaga ketertiban, kenyamanan, dan keamanan berlalu lintas, AutoFamily wajib mematuhi aturan dan etika saat mengemudi mobil sehingga tidak merugikan pengguna jalan lain. Dan jangan lupa, servis berkala untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima serta dikendarai dengan aman dan nyaman. Segera manfaatkan Promo Kupon Servis dan Ganti Oli Toyota dan promo servis lainnya untuk pengecekan komponen kendaraan, eksklusif hanya lewat Auto2000 Digiroom,” urai Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000. (bs)

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh