Menunggu Debut AMG GT3 Di Blancpain GT 2016

Selasa, 29/12/2015 22:20 WIB

mobilinanews (Jerman) - Blancpain GT series merupakan ajang grandprix bagi mobil sport. Beragam pabrikan seperti Ferrari, Lamborghini dan Porsche menunjukkan tajinya untuk meraih kemenangan di tiap serinya.

Tidak hanya itu, pabrikan yang menggeluti balap turing seperti Audi, BMW dan Mercedes Benz juga ikut serta di dalamnya dengan menggunakan R8 GT3, Z4 GT3 dan SLS AMG. Beberapa kali pabrikan asal Jerman itu menjuarai seri balap hingga menjadi juara dunia.

Setelah diluncurkan pada Geneva Motorshow 2015,  Mercedes Benz akan menggunakan tipe  baru AMG GT3  di ajang Blancpain GT. Mobil balap ini menggantikan SLS GT3 yang sudah cukup uzur, namun mesin SLS GT3 malah dipakai memberikan peforma maksimal pada mobil ini.

Mesin V8 berkapasitas 6200 cc tanpa turbo yang bertenaga 560 dk diklaim lebih baik dari mesin V8 twin turbo berkapasitas 4000cc yang dipakai  mobil aslinya.

Selain itu teknologi dan durabilitasnya yang sudah lebih dikenal akan dapat meminimalisasi biaya pengoperasian mobil balap ini.

Perlu diingat, AMG juga ikut serta mengembangkan mesin-mesin mobil F1 dan DTM. Pastinya kekuatan mesin ini sedikit mirip mesin F1 dan DTM.

Sektor transmisi akan menggunakan  Sequential Gearbox 6 percepatan yang diposisikan di bagian belakang, sehingga menciptakan distribusi bobot 50:50.

Itu artinya, mobil ini akan mendapat keseimbangan lebih baik dari kompetitornya seperti M6 GT3 dan R8 LMS yang juga akan memanaskan persaingan GT Series tahun 2016.

Tim AKKA ASP asal Perancis akan menggunakan mobil ini untuk musim depan. Ini akan menjadi debut perdana mobil itu di ajang GT series. (Teks Berto Pramadya)

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen