F1 2022 Jepang: Hamilton Sentil Indikasi Kecurangan Red Bull, Begini Tanggapan Verstappen

Kamis, 06/10/2022 20:39 WIB

mobilinanews (Jepang) - Lewis Hamilton menyebut Red Bull Racing sejak seri Silverstone hingga akhir musim tahun lalu selalu bawa pengembangan pada mobil besutan Max Verstappen. Di semua race.

Tuduhan pembalap Mercedes itu muncul setelah sidang investigasi FIA atas  kecurangan Red Bull soal budget cap 2021 yang berlangsung Rabu kemarin. FIA akan umumkan hasil investigasi itu sehari setelah GP Jepang, Senin (10 Oktober 2022).

Kasus yang dikenal dengan istilah Cashgate ini adalah dugaan Red Bull menggunakan budget cap (batas anggaran tim F1) yang melebihi ketentuan. Regulasi menetapkan batas 145 juta USD per musim, sementara Res Bill ditengarai menggunakan kelebihan biaya sekitar 10 juta USD.

Hamilton gagal pertahankan gelar tahun lalu, sekaligus kegagalan mencetak rekkt fantastis 8 gelar juara dunia F1.

Ia kalah dari Verstappen lewat duel di lapnterakhir pada race terakhir di Abu Dhabi dengan penuh kontroversi.

Menanggapi ucapan musuh bebuyutannya itu, Verstappen menyebut wajar-wajar saja lawannya memanfaatkan kasus yang sedang berproses.

"Kami tentu punya alasan mengapa mobil kami bagus. Itu yang akan saya katakan. Kita tunggu Senin nanti," katanya.

Pada GP Jepang akhir pekan ini Verstappen berpeluang mengunci gelar 2022 untuk meraih gelar dunia kali kedua. Syaratnya harus mengalahkan Charles Lexlerc (Ferrari) dengan selisih minimal 8 angka.

Dan, ia menegaskan kasus yang dihadapi timnya sama sekali tak pengaruhi persiapan maupun mentalitas bertarungnya.

"Itu urusan tim saya dengan FIA. Saya tak terpengaruh. Saya di sini untuk tampil kencsng dan memberikan hasil terbaik buat tim saya," tandasnya.

Dengan begitu ada dua hal yang ditunggu fans F1 di Sirkuit Suzuka. Soal gelar kedua Verstappen dan sehari kemudian soal hasil investigasi FIA. (rnp)

 

 

 

 

 

 

TERKINI
Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok Chery dan Revolusi Produk di Beijing Auto Show 2024, Ada TIGGO 9 PHEV!