F1 2022 Jepang: Local Hero Yuki Tsunoda Jadi Pusat Perhatian, Targetnya Bisa Kalahkan Mick Schumacher!

Jum'at, 07/10/2022 02:28 WIB

mobilinanews (Jepang) - Yuki Tsunoda satu-satunya pembalap tuan rumah di GP Jepang akhir pekan ini. Ia sadar jadi pusat perhatian fans lokal dan berjanji akan gunakan trik yang ia miliki untuk tampil sebaik mungkin di Sirkuit Suzuka.

Sebelum dikirim Honda ke Eropa dan masuk binaan Red Bull Racing, Tsunoda berkompetisi diajang F4 Jepang dan jadi juara. Ia mengaku paham betul sudut-sudut sirkuit dan punya banyak trik untuk mendapatkan lap tercepat.

"Sudah lebih 10.000 lap saya tampil di sini. Saya punya banyak trik di sini. Tapi, sekarang di mobil Formula 1 sangat berbeda. Saya akan lihat trik mana yang bisa digunakan," kata pembalap tim AlphaTauri yang kompetitif di papan tengah dan beberapa kali beradu nyali serta skill dengan pembalap sekaliber Sebasstian Vettel dan Fernando Alonso. 

Meski sudah dua musim di F1 tapi baru kali ini Tsunoda tampil di Suzuka dengan mobil F1. Maklum, Jepang tak menggelar F1 di musim 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19.

Sebagai satu-satunya wakil Jepang di grid F1, wajar kalau ia jadi pusat perhatian fans lokal yang terkenal fanatik di ajang balap F1. Apalagi mesin mobilnya dipasok oleh Honda lewat proyek Red Bull PoerTrains, membuat driver muda ini super sibuk dalam kegiatan promosi.

Sebagai penghargaan dan dorongan semangat kepadanya, wajah Tsunoda terpampang di mana-mana dalam bentuk baliho dan promosi dalam ukuran besar. Termasuk di salah satu bagian Sirkuit Suzuka.

Diperlakukan istimewa seperti itu, Tsunoda mengaku sangat termotivasi untuk memberikan hasil maksimal. Ia tak merasa tertekan dengan tingginya harapan penggemar agar ia finish membanggakan di Suzuka.

"Sama sekali tak tertekan. Justru semua yang ada saat ini keren-keren, saya justru tak sabar menunggu balapan," tegasnya.

Untuk race perdananya di GP Jepang, Tsunoda  akan tampil dengan helm edisi spesial Suzuka yang dikreasi oleh desainer Jepang Hiromi Nagaoka.

Saat ini Tsunoda berada di peringkat 17 klasemen dengan poin 11. Target utama di Suzuka bisa bersaing dan mengalahkan Mick Schumacher (haas) dan Lance Stroll (Aston Martin) yang menempati urutan 16 dan 15 klasemen dengan masing-masing 12 dan 13 poin. (rnp)

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag