Ada Bunyi yang Mengganggu pada Kopling Mobil, Cek Komponen Ini!

Selasa, 11/10/2022 00:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kopling adalah komponen yang menghubungkan dan memutus atau mentransmisikan daya dari mesin melalui perpindahan gigi. Itu artinya Kopling mobil yang mengatur kecepatan dari mesin sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Kopling mobil yang tidak terawat dengan baik kadang mengeluarkan suara bising atau decit pada saat pengemdi melepas kopling. Hal ini tentu akan sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Lantas apa saja penyebab kopling mobil mengalami bunyi, saat diinjak atau dilepas?

1. Kampas Kopling Menipis

Kampas kopling yang tipis sudah tak dapat berfungsi optimal untuk memutus dan menyambungkan tenaga putar dari mesin ke transmisi. Padahal penyaluran tenaga dari mesin ke transmisi membutuhkan kampas kopling, yang langsung memutar input shaft transmisi.

Kampas kopling yang menipis akan membuatnya bergesekan dengan flywheel. Hal ini yang menimbulkan suara atau bunyi pada saat pedal kopling dinjak atau dilepas. Karena itu jika kampas kopling telah menipis atau habis segera lakukan penggantian, jika tidak ingin kopling mobil Anda mengalami kerusakan yang lebih parah.

2. Pagas Kopling Lemah.

Pegas kopling bertugas memberikan perpindahan gigi yang smooth atau halus. Pegas kopling yang normal biasanya mampu meredam hentakan atau getaran saat proses penggantian gigi.

Hal berbeda terjadi pada pegas kopling yang sudah lemah. Pegas sebagai pengait dan pengikat yang fleksibel layaknya per lainnya, tidak akan mampu meredam hentakan saat kopling ditekan atau dilepas. Saat pegasnya melemah hentakan terjadi karena ia bekerja spontan dan menimbulkan hentakan, yang menimbulkan bunyi yang mengganggu.

3. Flywheel dan Pressure Plate Tidak Lagi Rata

Kedua komponen ini memiliki cara kerja seperti kampas. Kedua pelat kopling ini adalah pemutar pelat logam yang akan disalurkan ke pelat kopling. Ketika pedal kopling dilepas maka tekanan fluida pada aktuator hidrolis kopling akan hilang.

Cara kerjanya dengan memanfaatkan gesekan antara dua jenis pelat, untuk menyalurkan tenaga ke kopling. Jadi ketika permukaan flywheel dan pressure plate tidak rata lagi akan menimbulkan suara yang mengganggu saat mengoperasikan kopling.

4. Release Bearing Kering atau Aus

Realease bearing perlu mendapatkan peluamasan yang cukup, karena letaknya yang ada di dalam bak kopling akan bersentuhan dengan komponen kopling lainnya. Komponen ini berfungsi untuk meneruskan daya dorong dari release fork untuk menuju ke bagian pegas diafragma yang ada di clutch cover.

Komponen ini membutuhkan pelumasan yang masif agar tidak aus. Jika ia mengalami keausan atau kering karena tidak ada oli yang cukup, maka akan terjadi bunyi ketika kopling ditekan atau di lepas.

Jika hal ini terjadi segera lumasi bearing agar ia berfungsi normal kembali.(elk)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda