Kontes Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022, Event Pertama di Black Stone Garage Perebutkan Piala Bamsoet

Rabu, 12/10/2022 01:01 WIB

mobiliananewe (Jakarta) - Media otomotif online SoundandMachine.com berkolaborasi dengan konten kreator otomotif Pengepul Mobil mengadakan kompetisi car audio pertama di Indonesia dengan konsep endurance, bertajuk Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022.

Rencananya, Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle akan diadakan beberapa seri. Seri pertama diselenggarakan pada 18-19 Oktober 2022 di Black Stone Garage, Jl. Hang Jebat 1A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Pada kompetisi perdana ini, Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle menantang para instalatur audio mobil kawakan di Jakarta, melakukan instalasi audio mobil, serta tuning dengan merek dan jenis mobil yang sama, peranti audio serta material sama yang telah disediakan.

Kompetisi akan berlangsung selama 2 hari, dimulai dari proses instalasi pada hari pertama, dilanjutkan proses tuning serta penilaian di hari kedua, pada lokasi pengerjaan sama dan dengan batas waktu  telah ditentukan.

“Konsep ini pertama kalinya diadakan di Indonesia, yaitu mengumpulkan 6 car audio installer terbaik di Jakarta, untuk diadu skill-nya. Kami juga mengajak merek-merek ternama di bidang audio mobil  mendukung kompetisi ini,” jelas Jacki Suwandi, Founder Pengepul Mobil.

“Background dari acara ini adalah kami SoundandMachine.com dan Pengepul Mobil sama-sama ingin memajukan industri aftermarket otomotif. Khususnya di bidang audio mobil pasca pandemi ini, baik dari sisi kompetisi yang belum pernah diadakan sebelumnya, atau beda dari kompetisi reguler. Juga dari sisi aspek bisnisnya, supaya lebih menggiatkan industrinya," jelas Eko Putranto, Editor in-Chief SoundandMachine.com.

"Dalam hal ini, kami ingin semua merek car audio dan merek pendukung yang terkait untuk maju bersama. Untuk itu, di kompetisi ini kami terapkan penggunaan peranti audio lintas merek,” lanjutnya.

Untuk seri pertama, 6 instalatur audio mobil terkemuka di Jakarta akan berkompetisi di Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022, yaitu AJM Audioworks, BestBuddyShop, Begja Autotronics, Duta Audioworks, CAS Audio, dan Bronson Audio.

Ke-6 instalatur peserta tersebut akan memodifikasi dan melakukan tuning audio mobil Toyota Kijang Innova ‘Reborn’ tipe G bermesin Diesel keluaran tahun 2017-2020, dengan kondisi sama yaitu kondisi standar.

Keenam mobil ini merupakan milik dari para followers konten kreator otomotif Pengepul Mobil yang sebelumnya sudah melalui tahap verifikasi dan inspeksi.

“Mesin belum dioprek, peredam belum dipasang. Uang pendaftarannya Rp. 5 juta, buat bersih AC dan cuci mobil. Mobil ini dibuat battle, akan diinstalasi oleh 6 instalatur terbesar di Indonesia, tuner kontes audio mobil ‘Champion of Champion’,” ungkap Jacki Suwandi, Konten Kreator Otomotif Pengepul Mobil.

Selain mobil yang sama, ke-6 instalatur peserta tersebut juga harus melakukan upgrade audio dengan konsep instalasi sama, yaitu 2-way OEM. Di mana instalasinya mengikuti bentuk OEM atau standar bawaan pabrik dari mobil yang dimodifikasi.

Khusus subwoofer, para instalatur akan membuatkan boks khusus dari material yang disediakan, langsung di lokasi acara.

Selain itu, instalatur peserta diwajibkan memakai komponen yang telah disediakan untuk berkompetisi upgrade audio mobil.

Diantaranya peredam Z3RO SOLUTIONS, head unit ASUKA, Digital Signal Processor ALPINE, Subwoofer pasif HERTZ, Speaker PIONEER, kabel PITCH AND TIMBRE, dan power amplifier ZAPCO serta Aki Massiv. Juga inspeksi AC Mobil oleh ROTARY BINTARO.

Untuk pemasangan subwoofer pasif, ke-6 peserta Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle diwajibkan membuat boks subwoofer di lokasi kompetisi. Dengan bahan kayu MDF dan material kulit yang disediakan oleh panitia, serta batas waktu yang telah ditentukan, yaitu 60 menit.

Instalatur peserta Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle diwajibkan memasang sarung jok, sarung setir, dan wrapping bodi selama instalasi berlangsung, sebagai standar pengerjaan instalasi.

Di hari pertama, batas waktu instalasi peserta dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Kemudian untuk hari kedua, peserta wajib melakukan tuning dengan durasi waktu mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB.

Setelah melakukan tuning, mobil peserta akan dilakukan penilaian, baik secara teknis mengacu para regulasi prosumer dari asosiasi Car Audio Network (CAN). Penilaian dilakukan oleh Certified Judge CAN yang telah ditunjuk. 

Penilaian secara non-teknis juga akan dilakukan oleh ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonevsia (MPR-RI) dan ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bapak H. Bambang "Bamsoet" Soesatyo, S.E., M.B.A. yang didaulat sebagai “Honorable Judge”.

Untuk penilaian non-teknis, Bamsoet akan menilai langsung 6 mobil peserta tersebut dengan cara memutar satu lagu sesuai selera Pak Bamsoet.

Pemenang kategori dan pemenangnya akan mendapatkan piala “Bamsoet’s Choice”.

“Terima kasih untuk kolaborasi SoundandMachine.com dan Pengepul Mobil di Black Stone Garage. Karena disini lah ‘rumah’ yang diniatkan sebagai tempat bertemunya beragam elemen ekosistem industri dan kreativitas anak muda, khususnya di bidang otomotif,” jelas Hendra Noor Saleh, President Director PT Bekarya Otomotif Sukses (BOS), selaku pengelola dan manajemen Black Stone Garage. (bs)

SPESIFIKASI PRODUK:
Peredam Z3RO 2 mm (6 lembar) dan ring speaker 6,5 inch
Head unit ASUKA BM Seri 2
Processor ALPINE PXE-R600
Speaker set PIONEER TS-J170C
Power Amplifier ZAPCO DSP ST4-XSQ
Subwoofer HERTZ CS 200 S4
Kabel RCA & Fuse PICTH & TIMBRE
Aki MASSIV THUNDER
Inspeksi AC oleh ROTARY BINTARO

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda