Sempat Pesimis, Farrel Haiqal Lolos 12 Besar FIA Rally Star 2022 di India, Ternyata Telah Ikut Sprint Rally di Usia 14 Tahun!

Selasa, 11/10/2022 20:28 WIB

mobilinanews (India) - Tidak diperhitungkan, namun justru Farrel Haiqal Kurnia Ramadhan (19 tahun) lolos babak 12 besar seleksi FIA Rally Star 2022 Asia Pacific Final di Madras International Circuit, Chennai, India, Selasa (11/10/2022) hari ini.

Sedangkan Bintang Barlean dan Canya Prasetyo gagal melangkah ke babak selanjutnya. Salah satunya, karena saat mendapat giliran perform mendapatkan mobil yang "kurang sehat". Penyelenggara menyiapkan 3 unit Cross Car yang digunakan secara random oleh peserta.

Lalu, siapa Farrel Haikal ini? Terupdate, Farrel didapuk sebagai co-driver pereli Achmad Deden pada APRC Danau Toba Rally 2022 di Parapat, Sumatra Utara lalu dan berhasil menjadi juara 1 kelas F1.

"Usianya 19 tahun, dan bulan November besok tanggal 10, Farrel baru masuk umur 20. Saat ini, kuliah di Telkom University Bandung, baru semester 5, " ungkap Irwan Kurniawan, sang ayah kepada mobilinanews.

Bagaimana ceritanya Farrel bisa kepilih ke India?

"Pas ada announce di media, saya tanya dia apa mau coba? Dan dia ternyata mau. Pas kualifikasi di Edutown Arena BSD City, dia rada pesimis juga. Karena di tesnya slalom pake Brio. Secara emang dia belum pernah slalom dan pake mobil FWD (Front Wheel Drive) selama ini. Spesialisasinya juga kalo reli pake mobil RWD (Rear Wheel Drive) yaitu Datsun B 310 1979," tutur Irwan Kurniawan pengusaha dan pereli kawakan.

Sudah berapa kali Farrel turun di ajang rally?

"Farrel reli panjang baru ikut 2 kali yaitu Kejurnas Rally 2018 Sumatra Utara dan APRC 2019 di Sumut  juga. Kalo Sprint Rally sudah lumayan sering," terang Irwan Kurniawan.

Disebutkan, pertama kali turun umur 14 tahun di Sprint Rally PMPP Hambalang Sentul dan langsung klontang (mobilnya terbalik).

Namun Irwan merasa cukup terkejut Farrel mampu menunjukkan performance bagus pada FIA Rally Star di Sirkuit Madras, India.

"Dari 6 kali run dapat waktunya juga cukup bagus, masuk ke proses seleksi lanjutan (lolos 12 besar). Dan sejatinya, Farrel masih belajar handling. Lumayan susah soalnya bawa mobil RWD dengan power mesinnya besar," pungkas Irwan Kurniawan. (bs) 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda