H Jimmy Syamsudin (Owner Sirkuit Suwarnadwipa) : Adanya 4 Event Kejurnas Balap, Muara Bungo Kian Dikenal Luas

Minggu, 23/10/2022 02:08 WIB

mobilinanews (Muara Bungo) - Menyebut nama H Jimmy Syamsudin, sepertinya tidak ada orang Muara Bungo yang tidak mengenalnya. H Jimmy disebutkan memang asli Muara Bungo, Jambi.

"Rumah keluarga besarnya tak jauh dari sirkuit Suwarnadwipa Nusantara. Dari kakeknya, kemudian orang tuanya memang orang terpandang dan tokoh di sini. Mungkin 3/4 warga Muara Bungo pernah merasakan jiwa sosial dan bantuan dari beliau," ujar Handono, seorang sopir taksi online.

"Kalau orang lain baru nongol berbuat sesuatu untuk rakyat ketika mau jadi anggota parlemen atau pejabat, H Jimmy telah berbuat jauh hari. Contohnya sirkuit Suwarnadwipa Nusantara dibangun beberapa tahun lalu, agar Muara Bungo lebih dikenal. Maka kalau beliau maju jadi Bupati, saya nggak pikir panjang langsung memilihnya," lanjut Handodo.

"Siapa yang mau maju jadi Bupati Muara Bungo? Diusung partai-partai pun, saya gak akan tertarik. Kalau saya membangun sirkuit dan selenggarakan balap, semata ingin mengangkat Muara Bungo. Dan alhamdulillah, kini Muara Bungo semakin dikenal luas," sambar H Jimmy Syamsudin kepada mobilinanews.

Lalu, ia menunjuk sederet nama pereli senior dari Jakarta, anggota DPR RI, pengusaha sukses Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, enterpreneur Surabaya, Bupati Fak Fak (Papua), pereli Batam, Walikota Pagar Alam hingga Wakil Gubernur Sumatra Utara yang hadir makan malam di rumah dinas Bupati H Mashuri SP, Sabtu (22/10/2022) malam.

"Di luar nama-nama tersebut, komunitas balap utamanya offroad, Sprint Rally hingga Rally juga membicarakan Muara Bungo. Rifat Sungkar menyebut Bungo sebagai atmosfir baru, Ryan Nirwan mengatakan Suwarnadwipa Nusantara Circuit merupakan sirkuit Sprint Rally terbaik di Indonesia," sambung H Jimmy yang berpostur tinggi besar ini.

Sirkuit Suwarnadwipa Nusantara (SNC) Muara Bungo dengan panjang sekitar 7,5 km terletak di areal tanah milik H Jimmy Syamsudin, dengan total seluas 1.200 hektar terdiri dari beberapa desa.

Sirkuit tersebut dalam kawasan perumahan Bungo Green City yang juga merupakan perusahaan properti punya H Jimmy.

"Jika tidak terjadi hujan terus menerus beberapa pekan lalu, Special Stage (lintasan rally) akan lebih menarik dan menantang lagi. Salah satu kreator dan desainernya adalah TB Adhi," terangnya.

Namun akhirnya, H Jimmy dengan Memen Harianto sebagai CEO SNC harus membuat jalur lintasan baru sepanjang sekitar 22 km, karena trek sebelumnya licin dan dianggap kurang safety untuk pereli. 

H Jimmy telah melakukan gebrakan. Ia berharap ada pihak lain yang juga ikut berpartisipasi dan berkontribusi dengan menggelar event di SNC, dan ada sponsor agar terdapat banyak event di sirkuit.

"Silakan jika ada brand kendaraan atau dealer yang mau memanfaatkan Suwarnadwipa Nusantara Circuit sebagai arena test drive mobil SUV, jeep bahkan juga brand motor," beber H Jimmy Syamsudin.

Namun lebih jauh dari itu, pemilik perusahaan tambang batubara yang lokasinya tak jauh dari SNC juga memiliki obsesi Muara Bungo menjadi salah satu sentra kegiatan motorsport di Sumatra dan Indonesia. (bs)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Disupport Daihatsu, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap