Daihatsu Berbagi Ilmu dan Tips Merawat Cat Mobil Agar Tetap Kinclong

Kamis, 27/10/2022 01:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berkomitmen mendukung kesehatan kendaraan konsumen, dengan menyediakan berbagai fasilitas purna jual untuk menjaga tampilan kendaraan kostumernya.

Hal tersebut dilakukan dengan giat berbagi ilmu dalam berbagai aktivitas. Kali ini workshopnya bertema `Basic Painting pada mobil Daihatsu`.
Tujuannya untuk memberika pengetahuan dasar seputar proses pengecetan pada bodi mobil, hingga tips and trick menjaga cat bodi mobil.

Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM, Bambang Supriyadi mengatakan melaui workshop ini mereka ingin masyarakat punya pengetahuan dasar dalam menjaga dan merawat tampilan kendaraannya agar tetap terjaga.

“Kami berharap, Workshop kali ini dapat memberikan pemahaman yang baik tentang Dasar Pengecatan pada Mobil, termasuk Tips dan Trick dalam menjaga cat bodi mobil kesayangan Sahabat, sehingga penampilan tetap terjaga dan menambah kenyamanan dalam berkendara”, ujar Bambang Supriyadi di Jakarta.

Diterangkan, proses pengecetan di industri otomotif diawali menggunakan metode “kuas/brushing”, lalu spraying dengan memanfaatkan udara bertekanan tinggi. Kemudian berkembang memakai teknologi “semi robot”, dan kini proses pengecatan melibatkan “full robotic“ pada keseluruhan bodi mobil.

Pengecatan dilakukan pada lapisan terluar bodi mobil untuk melindungi plat bodi mobil dari cuaca dan karat, dan mempercantik tampilan. Perlu diketahui tren warna yang disukai Sahabat dalam 3 tahun terakhir ini adalah putih, hitam, silver dan grey.

Saat ini, mereka menggunakan standar manufaktur, yakni Heat Polymerization dengan proses pengecatan yang dipanaskan dengan suhu minimal 140 derajat celcius. Proses pengecetan di Daihatsu memiliki proses 4 tahap, dimulai dari cleaning atau pembersihan bodi, pelapisan anti karat, surfacer and sealing dan top coating.

Selain itu, cat bodi kendaraan juga dapat dibagi menjadi beberapa karakter pigmen, seperti warna Solid, Metallic dan Pearl yang memiliki perbedaan dalam proses pengecatannya sesuai dengan kebutuhan.

Dalam workshop ini, tim Daihatsu juga berbagi tips untuk perawatan mobil. Agar cat bodi tetap kinclong dan terjaga, pastikan mobil tidak diparki di luar. Ini membuat mobil langsung terpapar sinar matahari, air hujan, kotoran hewan, getah pohon dan faktor eksternal lainnya.

Jaga kebersihan mobil dengan rutin mencuci unit minimum seminggu sekali menggunakan yang air bersih. Periksa cat mobil secara Berkala dari benda asing. Gunakan kain halus seperti microfiber saat memberihkan mobil. Berikutnya lakukan poles bodi, paling tidak 6 bulan sekali untuk menjaga tampilan mobil tetap mengkilap.(elk)

TERKINI
Motor Sering Tersendat-sendat atau Brebet? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya, Buruan Cek! Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan dan Performa dengan Harga Terjangkau Chery Group Cetak Total Penjualan 182.049 Unit April 2024, Meningkat 43,7 Persen Dibanding Tahun Lalu Pembalap Honda Alex Palou Puncaku Klasemen IndyCar Series 2024 Jelang Series Historis Indy 500 di Indianapolis