Nyaris Double Winner Kejurnas Sprint Rally dan Rally 2022, Ryan Nirwan Ternyata Cetak Capaian Sama Dengan Rifat Sungkar

Kamis, 27/10/2022 13:18 WIB

mobilinanews (Muara Bungo) - Ryan Nirwan menjadi rising star yang cemerlang di ajang Sprint Rally dan Rally 2022. Tahun debutnya bersama tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI), nyaris mencetak double winner meraih kemenangan di dua cabor otomotif primer tersebut.

Namun pereli asal Balikpapan, Kalimantan Timur tersebut harus puas hanya menjadi juara nasional Kejurnas Sprint Rally meski masih menyisakan satu putaran lagi tahun ini.

Kepastian juara nasional itu diperolehnya dengan cukup menjadi runner up pada Kejurnas Sprint Rally putaran 4 di Suwarnadwipa Nusantara Circuit (SNC), Muara Bungo, Jumat (21/10/2022) lalu. 

Dengan capaian itu, deposit poin yang telah dikoleksi Ryan dengan co-driver Adi Indiarto tak mungkin terkejar lagi oleh pereli lainnya. Itu berkat performa cemerlang Ryan yang berhasil menjadi juara P1 putaran 1 hingga 3 dengan senjata andalannya, GR Yaris Sport AP4.

Itu di Sprint Rally. Sedangkan di Kejurnas Rally, Ryan yang putra pereli senior dan mantan Ketua Pengprov IMI Kalimantan Timur, Roy Nirwan itu juga memiliki rekor yang tak kalah mentereng.

"Sebenarnya, capaian kami di rally, sama dengan sang master Rifat Sungkar. Dari total 4 putaran, Rifat dua kali juara P1 di APRC Danau Toba bulan September lalu dan Kejurnas Rally Muara Bungo putaran 3. Kami juara Danau Toba Kejurnas Rally putaran 1 (Agustus) dan Kejurnas Rally Muara Bungo Jambi putaran 4," ujar Ryan kepada mobilinanews.

Kemudian, Rifat DNF (tidak finish) di putaran 1 Danau Toba Rally dan juara 3 di putaran 4 Kejurnas Rally Muara Bungo. Ryan DNF di putaran 2 APRC Danau Toba dan juga juara ketiga di putaran 3 Kejurnas Rally 2022 Muara Bungo, Jambi. 

Yang membedakan keduanya, Ryan mengalami insiden yang membuatnya mendapat hukuman penalti beberapa menit di APRC Danau Toba sehingga tercecer di belakang. Persoalannya,  putaran 2 berlabel APRC (Asia Pacific Rally Championship) dengan penghitungan poin double dibanding 3 putaran Kejurnas Rally 2022 lainnya.

"Tentu ini menjadi pengalaman berharga, untuk menyiapkan diri lebih baik lagi musim depan. Insyaallah, soal hasil (double winner) itu mudah-mudahan bisa kita capai pada next session," ungkap Ryan Nirwan diikuti senyuman optimis. (bs)     

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda