Rifat Sungkar: Sukses Xpander AP4 Ikut Mendorong Kembalinya Mitsubishi Ralliart ke Motorsport!

Rabu, 02/11/2022 01:17 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Rifat Sungkar bersiap mengikuti Asia Cross Country Rally (ACCR) 2022 di Thailand dan Kamboja, 21-26 November 2022. Mengandalkan Mitsubishi Triton, Rifat menjadi pereli utama Team Mitsubishi Ralliart Jepang yang ditunjuk langsung Hiroshi Matsuoka legenda Jepang di ajang Paris-Dakar.

Berikut penuturan Rifat Sungkar selaku pereli dan brand ambassador Mitsubishi seputar ACCR 2022 dan akan didampingi co-driver Chupong Chaiwan dari Thailand yang telah berpengalaman 15 tahun mengikuti event yang disebut sebagai rally Paris-Dakar versi Asia ini :

"Ini merupakan suatu kesempatan besar dalam hidup saya karena ini tidak menyangka bakal diminta masuk di tim Mitsubishi Ralliart Jepang. Beberapa bulan lalu, Matsuoka menghubungi saya melalui PT MMKSI (Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia) memberi tahu bahwa Mitsubishi akan kembali ke motorsport.

Salah satu alasan Mitsubishi Ralliart kembalk ke motorsport, dilandasi dari program kita, Xpander AP4 yang kompetitif di ajang Sprint Rally dan Rally sehingga sangat menarik perhatian dunia.

Tahun ini, kembalinya Mitsubishi langsung di ajang ACCR, sebuah long distance rally yang butuh keakuratan dan komunikasi. Biasanya, saya reli sekitar 200 kilometer, itu pun SS (Special Stage) nya hanya beberapa kilometer. Sekarang rute lintasannya mencapai 1.700 kilometer. Artinya dalam satu minggu saya nyetir mobil lebih banyak dibanding satu tahun.

Saya surprise juga di Thailand, saat lagi testing beberapa waktu lalu. Yang jadi motivasi besar merek mengenalkan tim ini, satu per satu dikenalkan, dan saya dikenalkan sebagai driver nomor satu.

Indonesia punya kesungguhan dan drivernya punya kapasitas, jadi dipercaya jadi nomor satu di Team Mitsubishi Ralliart.

Saya belum pernah ikuti ajang ini. Harapan besar saya punya poster Mitsubishi Team, saya ternyata bisa jadi bagian ini. Saya sudah menang karena sudah mewujudkan mimpi saya.

Jadi memang kita kemarin sempat diskusi di sana, sebenarnya kalau dilihat dari apa yang Mitsubishi lakukan dengan partisipasi di ACCR 2022, menuru saya target awalnya adalah kita sudah kembali ke motorsport. Karena sekitar 10 tahun, Mitsubishi Ralliart sudah tidak bekompetisi dan tidak aktif di motorsport. 

Ini artinya ada satu kebangkitan besar, semangat Mitsubishi bahwa kita punya produk yang bisa dikembangkan untuk kompetisi.

Untuk target pribadi, sama sebenarnya, berangkat itu targetnya menang, kalau enggak menang nggak usah berangkat. Menang yang saya maksud, kita datang ke sini bukan dengan kelas kendaraan paling atas tapi production car.

Apa saja yang sudah diaplikasikan. Begitu saya di Thailand, saya kaget, testing 3 hari, mobil yang dipakai standar yang diganti sokbrekernya saja. Jadi kita lihat produk Mitsubishi seperti apa.

Waktu saya testing ada kotak segede kotak sepatu dua. Saya tanya apa ini, ternyata kotak itu ada 16 telemetri di semua titik sudut mobil. Setelah itu, merek cek mana yang retak sasisnya. Sampai ribuan kilometer tidak ada keretakan.

Satu lagi, alatnya adalah live data recorder. Jadi yang saya lakukan mobil langsung dilaporkan ke Jepang. Jadi perlu ada perbaikan bisa dilakukan dan itu tidak masalah juga. 

Sudah bisa masuk tim Mitsubishi Ralliart saja, sudah membanggakan buat saya. Saya beruntung ada Matsuoka di sini, karena saya bisa bawa Xpander AP4 itu attack all the time. Di ACCR ini beda, ini 8 kali jaraknya dengan Kejurnas Rally atau WRC sekali pun. Jadi tidak bisa attack all the time.

Perlu strategi, bukan mengemudi kencang tapi perlu sensible. Jadi perlu driving yang konsisten. Terakhir, saya butuh orang yang mendampingi, jadi saya dipasangkan navigator Chupong yang sudah 15 tahun di ACCR. Ini baru banget buat saya: tim baru, mobil baru, game baru.

Tapi saya percaya, ini bisa jadi confidence saya. Terutama bisa berada dalam satu event yang kompetitif. Target jangan ketinggian tapi bisa memberikan yang terbaik." (bs)

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh