First Impression : Menguji Keandalan Wuling Almaz Hybrid Melahap Tikungan Jakarta International E-Prix Circuit

Sabtu, 05/11/2022 01:48 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Ketika mendapat undangan dari Wuling Motors, untuk melakukan first impression produk terbarunya : Almaz Hybrid di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta, tanpa buang waktu langsung mereply siap datang.

Kapan lagi bisa "membalap" di sirkuit international yang pada 4 Juni lalu sukses dipakai ajang unjuk kebolehan Nyck de Vries, Robin Frijns, Stoffel Vandoorne cs pada round Jakarta E-Prix 2022.

Serunya lagi, Wuling Almaz Hybrid menjadi SUV mumpuni untuk melalap trek sepanjang 2,4 km dengan lintasan aspal yang masih sangat menggigit.

Pada lap pertama, kami dipandu oleh instruktur untuk melakukan orientasi terhadap lintasan yang akan dipakai, kecepatan berapa untuk top speed di trek lurus, waspada terhadap tikungan hairpun (tikungan tusuk konde) hingga handicap zig zag ala trek slalom.

Tiba giliran berada di belakang kemudi Almaz Hybrid, mobilinanews mencoba menghentak menggunakan mode D (normal) begitu lampu hijau start menyala.

Sony Susmana

Tarikan responsif di putaran bawah, kemudian ketika menikung penuh keseimbangan sehingga keluar dari tikungan bisa langsung gaspol di trek lurus depan tribun utama.

Sesuai presentasi Sony Susmana selaku instruktur dan direktur SDCI sebelum melakukan first impression, untuk mencoba menggunakan mode D dan S (Sport) sesuai peruntukkan. Yakni untuk awal-awal menggunakan mode D, dan setelah speed mencapai 60 km/jam pindah ke mode S untuk mendapat akselerasi lebih yahud.

Namun, mobilinanews memilih dengan versi sendiri yakni menggunakan mode D untuk lap pertama, serta mengganti dengan mode R untuk lap kedua. Hasilnya, mendapatkan respon kendaraan yang secara otomatis menggunakan tenaga dari baterei di kecepatan rendah dan dari tenaga mesin pada speed tinggi.   

Penggunaan teknologi terbaru kendaraan hybrid pada Almaz Hybrid, memungkinkan proporsi tenaga electric vehicle sekitar 70 persen dan bahan bakar minyak 30 persen.

Serasa menjadi Stoffel Vandoorne di JIEC Ancol Jakarta Utara

"Maka itu, dari hasil test yang kami lakukan, konsumsi BBM Almaz Hybrid sangat efisien : sekitar 19 km/liter, merupakan paling irit di kelasnya," terang Sony Susmana.

Ditambah dengan sederet fitur canggih dan performance terbaik yang tersemat pada Almaz Hybrid, diantaranya Pure Driving Enjoyment, Multi-Mode Hybrid Performance, Sophisticatedly Designed, Exquisite Interior, Wuling Remote Control APP, Technology That Inspires serta Drive With a Peace of Mind, rasanya dengan banderol Rp470 juta menjadi sangat worth it. (bs)  

TERKINI
PEVS 2024 : Wuling Resmi Membuka Pemesanan Mobil Listrik Cloud EV, Segini Harganya Bus Trans Juragan 99 Diberi Nama-nama Lucu dan Unik, Terinspirasi Kartun dan Anime Mitsubishi Fuso Mensupport Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia