Suzuki Stop Penjualan Motor Sport GSX-R1000 di Jepang dan Eropa, Ini Alasannya!

Senin, 07/11/2022 15:05 WIB

mobilinanews (Jepang) - Suzuki secara resmi mengumumkan penghenntian penjualan GSX-R1000 di pasar Jepang dan Eropa. Hal ini tentu menjadi berita yang tidak menyenangkan bagi para pecinta sportbike asal Negeri Matahari terbit itu.

Dalam perjalananya GSX-R1000 telah menjadi salah satu tunggangan sport yang mendapatkan banyak penggemar. Motor ini sangat ikonil karena karena dianggap sebagai ciri khas budaya dalam industri sepeda motor, bersama tunggangan lain seperti Honda Fireblade, Kawasaki Ninja, dan Yamaha R1.

Akhir perjalanan dari GSX-R1000 karena pengetatan standar emisi di Jepang dan Eropa. Selain itu, nampaknya Suzuki telah memiliki inisiatif baru dalam pengembangan produk, yang mungkin diarahkan pada kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Saat ini, jajaran model GSX-S1000, terdiri dari GSX-S1000, GSX-S1000GT, dan Katana. Ada juga Hayabusa dan V-Strom 1050, yang telah mematuhi peraturan emisi terbaru. Bisa jadi Suzuki sementara menyiapkan amunisi baru untuk menghadirkan GSX-R1000 generasi berikutnya, yang membuhi spesifikasi tertentu.

Melansir publikasi majalah otomotif Jepang Young Machine, tampaknya Suzuki memberikan sinyal optimisme pada masa depan GSX-R1000. Hal ini terlihat pada Agustus 2022, Suzuki merilis informasi tentang mesin baru yang sedang dikembangkan.

Dalam spekulasi yang berkembang menimpali isu pengembangan mesin baru untuk motor sport mengarah pada GSX-R generasi berikutnya. Kabarya mesin yang dikembangkan Suzuki, berorientasi pada kinerja, dan bahkan dilengkapi dengan poros engkol baru, yang akan menyematkan teknologi motor balap MotoGP-nya, GSX-RR.

Dengan penyetopan penjualan motor sport besar Suzuki ini, tentu pecinta model GSX-R akan menunggu kejutan dari Suzuki, karena tentu mereka akan menimbang nama besar GSX-R1000 yang semestinya membutuhkan pembaruan untuk memenuhi standar emisi.(elk)

TERKINI
Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia Pameran PEVS 2024: Bluebird Tambah Taksi Listrik! Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2024: Digelar Mulai 30 April - 5 Mei