Menjajal All New bZ4X di Lintasan Balap Mobil BSD City GP, Electric Car Toyota Yang Canggih dan Responsif

Selasa, 15/11/2022 15:08 WIB

mobilinanews (Tangerang) - Kesan pertama : Menggoda, karena tak ada suara. Tahu dong, bZ4X merupakan mobil listrik pertama Toyota di Indonesia yang full battery.

Desain sporty dan futuristik

Setelah menggeser knob konsol ke kanan, kemudian muncul huruf D, bZ4X lalu meluncur mulus seirama dengan pedal gas yang kita injek perlahan.

Mobilinanews memilih keluar dari lokasi QBig, sebuah mall yang berada di kawasan BSD City, untuk melintas jalanan di sekitarnya yang relatif mulus namun terbilang agak lengang.

Bagian buritan sekilas seperti Toyota Harrier

Untuk membuktikan keandalan All New Toyota bZ4X yang dibangun dengan basis Platform e-TNGA yang ditenagai Lithium-ion Battery berkapasitas 71,4 kWh terisi penuh, mobilinanews merasa agak terganggu adanya beberapa polisi tidur di jalanan.

Akhirnya, bZ4X yang menggendong baterai memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali ini, saya arahkan ke bekas lintasan balap mobil BSD City GP non-permanen yang lokasinya tak begitu jauh.

Stabil dan responsif

Nah, di sini kita bisa mengeksplore keandalan power dan kecanggihan bZ4X di lintasan balap dengan kestabilan memukau dan cukup responsif baik untuk putaran bawah, menengah maupun atas.

Dengan speed 120 km/jam di trek lurus (masih bisa digas lagi sejatinya, namun karena berada di tengah komplek perumahan, harus menahan diri), mobil melaju sangat stabil.

Kabin depan mirip kokpit pesawat terbang

Hal itu dimungkinkan karena unit baterai ramping terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral sasis, sangat membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.  

Lithium-ion Battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Tinggal geser knob untuk posisi D, R, N dan P

Water cooling system yang menyatu dengan sistem AC mobil dimanfaatkan untuk menstabilkan suhu baterai setelah penggunaan ekstensif demi menjaga performa dan keamanan baterai.

Setelah memutari beberapa kali, bZ4X kita hentikan di sudut dalam sebuah tikungan lebar. Saatnya, masuk ke dalam kabin mencermati interior bZ4X sebagai sebuah kenyamanan dan kelapangan yang memberikan suasana kabin ala living room.

Baris kedua berkesan mewah dan classy

Dipadukan dengan layar sentuh 12,3 inch terbesar di mobil Toyota dengan menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke smartphone.

Selain itu, terdapat pula fitur canggih Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikit pun.

Untuk velg terdapat 2 versi, ukuran 17 dan 18

Untuk mengaktifkan fitur Advanced Park, cukup pencet tombol yang ada di consol tengah kemudian angkat pedal rem, secara otomatis mobil akan mundur ke posisi ruas kosong parkiran dengan sudut rata dan di dalam line.

Sebagai sebuah mobil yang advanced, All New bZ4X juga memanfaatkan fitur safety aktif paling canggih demi melindungi pengendara serta pengguna jalan lainnya yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Logo bZ4X, bebas ganjil genap dan pajak murah

Disematkan pula fitur telematika canggih T Intouch. Yaitu teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui mTOYOTA.

Sebagai bukti kualitas baterai dan komitmen memberikan peace of mind kepada pelanggan, Toyota juga memberikan garansi baterai All New Toyota bZ4X selama 8 tahun atau 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Di jok belakang, hanya sebagai wadah peranti charger yang langsung bisa dicolokin pada saklar di rumah atau Charger Station yang terdapat di beberapa mall di Jabodetabek dan rest area jalan tol. 

Setelah foto-foto dan ambil video, mobilinanews membawa bZ4X kembali ke home base QBig, yang ditempuh dengan durasi sekitar 10 menit. (bs)


 

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok