Arlan Lukman (CEO OMM) : Oneprix 2023 Lebih Dekat Dengan Fans, Sporttainment dan Juga Di Luar Jawa

Jum'at, 18/11/2022 01:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kejurnas balap motor kasta tertinggi, Oneprix 2022 kini masih menyisakan 1 putaran lagi. Tepatnya, di sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu - Minggu (26-27/11/2022) depan.

Namun terkait eksistensi dan pengembangan Oneprix untuk musim 2023, telah santer beredar luas di jagad medsos. Termasuk kabar Oneprix tidak hanya digelar di sirkuit Pulau Jawa, melainkan juga dilangsungkan di berbagai kota lain di Indonesia.

Nah, untuk mencari jawab dari informasi yang masih simpang siur tersebut, mobilinanews.com mendapat kesempatan melakukan interview dengan Arlan Lukman selaku CEO Oneprix Motorsport Management/" style="text-decoration:none;color:red;">Oneprix Motorsport Management (OMM).

Berikut petikannya :

Di luaran beredar cerita, jika Oneprix musim depan akan melakukan re-branding, ditambah jumlah putarannya serta juga digelar di luar Jawa. Bagaimana proyeksi Oneprix tahun depan?  

Secara umum, di 2023, kita ingin membawa Oneprix ini lebih dekat kepada "fans" dan lebih mengusung "sporttainment". Untuk itu, OMM tengah mengkaji rencana besar untuk mengadakan 5 series Kejurnas Oneprix di Indonesia, tidak hanya di Pulau Jawa.

Arlan Lukman bersama para juara kelas OP1 Expert Oneprix

Kami paham bahwa basis penggemar (fans) motorsport paling besar adalah Jawa. Tapi potensi dan aspirasi fans di luar Jawa, ingin kita lebih "engage" (ikutsertakan)

Lima series Kejurnas Oneprix ini, rencananya akan didukung oleh 2-4 series tambahan (club event dan/atau motorsport), sehingga di 2023 OMM berkeinginan menyelenggarkan 5 series Kejurnas + 2-4 series non kejurnas, sehingga total 7-9 series.

Apakah sudah dijadwalkan di mana dan kapan saja jadwal Oneprix 2023?

Mengenai kapan dan di mananya, kami masih dalam tahap kajian dengan stakeholders. Stakeholders OMM tentunya IMI, pembalap, tim, tim owner, fans, Pemda dan juga media.

Saat ini, yang masuk radar kajian kami adalah mengadakan series di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat dan tentunya di Pulau Jawa.

Sirkuit Sentul, Bukit Peusar (Tasikmalaya), Mijen (Semarang), Bung Tomo (Surabaya), Sabaru (Kalimantan Tengah), Skyland (Musi Banyuasin, Sumatra Selatan), Jambi, Makassar adalah sirkuit-sirkuit yang akan dan sedang kita kaji bersama stakeholders.

Terobosan lain untuk Oneprix dari Anda selaku CEO OMM?

Beberapa inisiatif yang akan kita mulai jalankan adalah mulai digitalisasi ticketing, pembenahan digital media/medsos, waste management hingga pada puncaknya kita akan menjalankan sporttainment, seperti tagline induk perusahaan OMM yaitu PT Merah Putih Berkibar.

Oneprix 2023 akan dipadukan dengan festival dari music concert hingga kuliner 

Nantinya kita padukan balapan (sport competition) dengan Festival, baik itu music concert, kuliner, ragam hias nusantara, hingga ragam budaya nusantara.

Semua ini bertujuan memutar roda ekonomi rakyat dan mengembangkan Industri Olahraga (motorsport) di Indonesia.

Salah satu brainstorm kita nanti di Tasikmalaya pada putaran ke-5 Oneprix. OMM akan mengadakan workshop dengan manager dan pemilik tim, untuk mengevaluasi 2022 dan merencanakan 2023. Semoga mobilinanews bisa juga hadir di Tasikmalaya, Jumat, 25 November untuk urun rembuk.

Apakah sudah ada sponsor utama sebagai main tittle untuk Oneprix 2023?

Saat ini, belum ada sponsor utama yang "signed". Beberapa pendekatan masih dilakukan.

Beberapa penggila balap menilai, adanya Kelas Wanita membuat Oneprix menjadi colorfull. Mencuat usulan Kelas Wanita dimasukkan sebagai Kelas Utama, pembalap wajib ikut seluruh series dan ada poin overall?  

Untuk kelas Wanita ini, kita masih belum finalkan kajian internal kami. Tapi kami ingin menjadikan kelas Wanita sebagai kelas utama.

Dengan Oneprix digelar di luar Jawa/" style="text-decoration:none;color:red;">Oneprix digelar di luar Jawa tentu ada plus minusnya. Salah satunya, cost menjadi besar dan menjadi kendala tim kecil atau privateer. Apakah akan ada subsidi dari OMM?

Iya, subsidi rencananya akan diberikan. Mengenai jumlahnya, kami masih berkoordinasi dengan IMI, tentu sesuai kelaziman dan kebiasaan selama ini. (budi santen)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda