F1 2023: Rekor Baru Jumlah Grand Prix per Musim plus Race Malam Mingguan, Ini Jadwal Lengkap 24 Series!

Minggu, 20/11/2022 03:28 WIB

mobilinanews (Prancis) - Tahun depan ajang balap Formula 1 dihelat dalam 24 kali Grand Prix. Jumlah fantastis yang menjadi rekor baru penyelenggaraan balap mobil dunia. Satu seri yang bakal paling heboh adalah balapan di tengah kota judi Las Vegas, AS.

Serial balap F1 pada musim 2022 sudah bikin rekor tersendiri saat ditetapkan sebanyak 23 race. Sayang tak semuanya terpenuhi karena seri Rusia dibatalkan FIA gegara perang negara itu dengan Ukraina.

Kini tanpa Rusia di dalamnya, F1 telah menetapkan 24 race musim 2023 setelah disahkan oleh World Motor Sport Council (WMSC) yang merupakan bagian dari FIA (Federasi Balap Mobil Internasional).

Tahun ini Miami di AS menjadi seri baru setelah GP AS di Austin di Texas. Tahun depan, negeri Paman Sam kebagian satu putaran lagi di Las Vegas.

Dengan tiga race di bumi AS menandakan sukses Liberty Media sebagai pemilik hajat F1 telah sukses membawa F1 ke AS setelah sebelumnya komunitas balap negeri itu lebih tertarik pada IndyCar.

"Popularitas F1 melejit signifikan di AS beberapa tahun terakhir seperti juga terjadi di banyak negara lainnya. Kami pun ingin membawa F1 ke tempat-tempat baru untuk memperluas pasar dan penggemar," komentar CEO F1 Stefano Domenicalli sebagai perpanjangan tangan Liberty Media dan berambisi menggelar 30 seri ballaan dalam beberapa tahunke depan.

Las Vegas bakal menggelar race-nya pada malam Minggu, menjadikan hal baru di F1. Selain itu China dan Qatar pun masuk di kalender tahun depan.

Seperti tradisi selama ini, seri pembuka berlangsung di Bahrain pada Maret dan berakhir di GP Abu Dhabi pada November.

Padatnya jadwal membuat beberapa race seri Eropa harus menggeser jadwal tradisional masing-masing, salah satunya GP Belgia di sirkuit ikonik Spa-Francorchamps pindah ke akhir Juli dari sebelumnya akhir Agustus.

Bersamaan dengan jadwal 2023, FIA juga merilis jadwal tes pra musim yang berlangsung di Bahrain pada 23-25 Februari 2023.

Berikut adalah jadwal lengkap F1 2023. (rnp)

DateGrand PrixVenue
February 23-25Pre-season testingSakhir
March 5BahrainSakhir
March 19Saudi ArabiaJeddah
April 2AustraliaMelbourne
April 16ChinaShanghai
April 30AzerbaijanBaku
May 7MiamiMiami
May 21Emilia RomagnaImola
May 28MonacoMonaco
June 4SpainBarcelona
June 18CanadaMontreal
July 2AustriaSpielberg
July 9United KingdomSilverstone
July 23HungaryBudapest
July 30BelgiumSpa
August 27NetherlandsZandvoort
September 3ItalyMonza
September 17SingaporeSingapore
September 24JapanSuzuka
October 8QatarLusail
October 22USAAustin
October 29MexicoMexico City
November 5BrazilSao Paulo
November 18Las VegasLas Vegas
November 26Abu DhabiYas Marina

 

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap