Debut Ciamik di AXCR 2022 Thailand - Kamboja, Rifat Sungkar: Anak Baru Biasanya Kesulitan, Alhamdulillah Saya Finish dan P5

Selasa, 29/11/2022 22:08 WIB

mobilinanews (Thailand) - "Saya mau menyampaikan bahwa saya merasa beruntung sekali, sangat senang sekaligus tersanjung bisa menjadi bagian dari Team Mitsubishi Ralliart," ungkap Rifat Sungkar menjawab pertanyaan mobilinanews pada sesi QnA pada preskon virtual Zoom, Senin (28/11/2022).

Preskon dilangsungkan oleh PT MMKSI di Jakarta dengan Team Mitsubishi Ralliart dipimpin langsung Sang Direktur Hiroshi Masuoka bersama pereli dan co-driver yang baru menyelesaikan Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022, termasuk Rifat Sungkar di Bangkok, Thailand.

Mitsubishi Triton andalan Rifat Sungkar

"Sejujurnya, saya tidak punya pengalaman sama sekali di ajang rally panjang dengan rute hampir 2.000 km seperti Asia Cross Country Rally (AXCR) ini. Namun saya yakin Mitsubishi punya mobil hebat dan tim yang kuat, sehingga kami akhirnya bisa menang dan naik podium juara," lanjut Rifat Sungkar.

Pada AXCR 2022 di Thailand dan Kamboja selama 6 hari tersebut, duet perally Mitsubishi Ralliart yaitu Chayapon Yotha akhirnya berhasil keluar sebagai juara 1, sedangkan Rifat Sungkar pada debutnya sukses naik podium sebagai juara 5 overall.

"Kalau ditanya kesan, apa yang menarik dan komentar debut di AXCR 2022, semuanya menarik karena semua serba baru. Mobil baru, tim baru, jalan baru, rute baru dan kompetisi baru. Saya awalnya pikir sangat berat namun ternyata sangat menyenangkan," terang Rifat sembari tersenyum.

Rifat diinterview media di sela AXCR 2022

"Di SS2, saya mengalami momen yang berat karena sejak km 80 dari total rute SS 200 km lebih, harus menjalani rally hanya dengan 3 ban karena satu ban kanan belakang pecah," tutur Rifat.

Namun, lanjut juara nasional Sprint Rally (2021) dan juara nasional Rally (2022) ini, justru menunjukkan kemampuaan mobil Mitsubishi Triton yang bisa menyelesaikan 200-an kilometer rute yang harus diselesaikan. 

Di SS 2 itu 200 kilometer lebih rutenya, adalah detik pertama saya lihat trek AXCR seperti apa. Segala kemungkinan ada dan saya tidak beruntung saja, karena saat itu tidak sedang push. Karena jalanan ada di mana-mana kira bisa pilih.

Bersama Hiroshi Masuoka (tengah) selaku Direktur Team Mitsubishi Ralliart

"Insiden SS2 di km 80 itu, tidak bisa menyalahkan siapa siapa karena ini saya yang nyetir. Setelah terpental di belakang sekali, sebagai anak baru, saya bisa tunjukkan dari posisi 8 naik lagi ke posisi 4, dan kemudian di posisi 5 klasemen akhir. Biasanya, anak baru akan kesusahan dan sulit finish. Alhamdulillah, tidak hanya finish, tapi bisa P5," tambah Rifat.

Sementara itu, Hiroshi Masuoka selaku Direktur Mitsubishi Ralliart, AXCR 2022 ini jadi langkah pertama buat mobil racing. "AXCR merupakan event untuk mencari data dan mengumpulkan guna mendapatkan mobil berperforma dan motorsport. Setelah melakukan banyak penelitian dan data dikumpulkan, baru akan memikirkan ke depannya buat mobil performa tinggi," ungkap Masuoka.

Rifat Sungkar bubuhkan tanda tangan di kaos jersey Mitsubishi Ralliart

AXCR sendiri di mata Masuoka merupakan event motorsport penting, karena ASEAN adalah pasar menarik buat Mitsubishi.

"AXCR adalah balapan penting di Asia dan juga untuk Mitsubishi. Kami berpikir untuk tetap ikut lagi tahun depan. Kami akan melakukan banyak peningkatan lagi agar tetap jadi pemenang dengan posisi yang lebih baik," tegasnya. 

"Bagi saya, event AXCR 2022 pengalaman pertama sebagai direktur balap. Saya sangat senang meski juga sempat khawatir. Kedua perally (Chayapon Yotha dan Rifat Sungkar)sangat kompeten. Mereka bisa mengikuti rally dengan baik dan sangat bisa dinikmati. Itu akhirnya membuat saya jadi sangat percaya diri," pungkas Masuoka. (bs) 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh