Mitsubishi Triton Buktikan Ketangguhan di Asia Cross Country Rally 2022, Antar 2 Perally Team Mitsubishi Ralliart Naik Podium

Jum'at, 02/12/2022 10:05 WIB

mobilinanews (Thailand) – Mitsubishi Triton Ralliart menunjukan tajinya saat berlaga di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang berlangsung pada 21 - 26 November 2022.

Pereli tim Mitsubishi Ralliart yang mendapat dukungan penuh dari Mitsubishi Motors Corporation, berhasil meraih kemenangan. Chayapon Yotha dari Thailand mengunci juara pertama menjadi juara dan Rifat Sungkar dari menempati posisi ke-5..

AXCR 2022 sajikan 6 Special Stage yang melintasi jalur negara Thailand dan Kamboja sepanjang 1.700 km dengan tantangan 6 Special Stage (SS). Melalui medan panjang ini, Triton berhasil membuktikan ketangguhannya.

Dalam Rally, Chayapon mampu menyelesaikan total waktu 8 jam 22:42 detik. Sedangkan Rifat terpaut 17:14 detik di garis finis posisi lima, padahal Mitsubishi Triton Ralliart masih banyak membawa spesifikasi standar.

Pembuktian Mitsubishi Triton di ajang balap rally paling ganas di Asia ini, menjadi pembuktian terhadap kualitas dan durability mobil yang memang dikembangkan tangguh di berbagai medan jalan. Termasuk keikutsertaannya di ajang rally AXCR 2022 yang diselenggarakan di Thailand dan Kamboja.

Turun ke medan laga, Rifat Sungkar tidak melakukan ubahan apapun pada sektor mesin, hanya melakukan penyesuaian pada ECU terhadap karakter medan rally yang diikutinya. Selain sebagai regulasi, sekaligus pembuktian terhadap tenaga mesin Mitsubishi Triton yang mumpuni tampil di ajang rally kelas international.

Secara keseluruhan, mobil yang digunakan dua pembalap andalan Mitsubishi khususnya Rifat Sungkar tampil sebagai mobil standar pabrikan yang tidak banyak dilakukan ubahan pada bagian paling penting di Mitsubishi Triton mulai dari sasis, hingga mesin.

President Director of PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Naoya NaKamura, mengapresiasi pencapaian tim Mitsubishi Ralliart, yang telah membawa Brand Ambassador dan Rally Driver, Rifat Sungkar, untuk berpartisipasi dalam reli internasional.

“Kami mengakui bahwa AXCR adalah debut pertama Mitsubishi Motors yang kembali ke Motorsports setelah bertahun-tahun, dan MMKSI sangat bangga dengan hasilnya. Ini pengalaman pertama Rifat-san mengikuti reli yang berat ini, dia dapat tampil sangat baik secara profesional dengan dukungan dari mobil mumpuni yang dikelola oleh Team Ralliart," kata Rifat Sungkar.

Ia juga menyoroti fakta bahwa mobil yang digunakan pada reli ini murni model produksi tanpa ada modifikasi berarti. Hal ini menjadi bukti nyata ketangguhan dan kekuatan Triton, yang dibuktikan langsung di lokasi.

"Di Indonesia, Triton mendominasi segmen kabin ganda khususnya di pasar armada sebagai pekerja keras yang andal, dan saya yakin peningkatan yang akan segera dilakukan berdasarkan pengalaman dari reli ini, bahkan akan memperkuat posisinya di pasar ke depannya," ujar Nakamura.

Jalannya Rally yang Menantang

Rifat kagum atas performa Mitsubishi Triton Ralliart, karena ia mampu bersaing di bapalan terekstrem di Kawasan Asia ini. Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia ini mengakui banyak drama pada awal, tapi berhasil mengejar ketertinggalan berkat tim Mitsubishi Ralliart sigap memberikan penanganan terhadap mobil bernomor 118 ini.

“Hari pertama memang ada insiden pecah ban, menurut saya itu adalah sebuah ketidakberuntungan saja. Tapi secara keseluruhan, Mitsubishi Triton Ralliart yang saya pakai ini memang tangguh,” buka Rifat Sungkar.

Adapun Rifat bersama co-driver Chupong Chaiwan mengatur strategi melakukan pemetaan terkait rute atau medan yang akan dilalui sebagai “Dakar”-nya di Kawasan Asia ini.

“Hari kedua, ketiga, keempat dan kelima, saya mempelajari jalan di Thailand seperti apa, dan saya akhirnya mulai terbiasa. Kuncinya adalah saya percaya dengan co-driver, dengan medan yang saya tidak tahu seperti apa, maka rasa percaya saya ke dia tinggi banget,” tambahnya.

Perjuangan yang dilakukan Rifat Sungkar pun terbilang begitu berkesan. Tidak hanya mampu mengoptimalkan performa Mitsubishi Triton Ralliart, tetapi ia juga sangat salut dengan kemampuan mobil tersebut ketika berada di lintasan ekstrem dan double cabin ini terbukti sangat tangguh dengan finis utuh bisa menyelesaikan ajang balap ekstrem tersebut.

Menggunakan kondisi mobil yang standar, Rifat mengakui bisa mengimbangi pereli terdepan. Bahkan dirinya bisa dua kali mengejarnya di kilometer 12 dan 25. “Pada hari pertama, pereli yang leading berhasil saya ‘tangkap’ di kilometer 12, juga di kilometer 25. Tapi sayang, ada insiden ban pecah, membuat catatan waktu saya rugi waktu enam menit dari dia,” bebernya.

Ajaibnya, dengan kondisi mobil yang rusak parah di bagian ban serta shockbreaker, Mitsubishi Triton Ralliart ini masih terbilang andal lantaran kerusakan tidak merembet ke sektor lain seperti gardan tetap dalam kondisi yang mumpuni untuk melanjutkan pertarungan.

“Hebatnya apa coba? Itu gardan enggak lepas, padahal spesifikasi mobil standar dan shockbreaker sudah mulai ancur. Nah ini yang saya takjub dengan Mitsubishi Triton Ralliart. Mobil ini sensasional!” bangga Rifat.

Mitsubishi Triton Ralliart yang bertarung di AXCR sangat ikonik sehingga replikanyadibuat secara spesial dan dipajang di kantor pusat Mitsubishi Motors di Tamachi, Tokyo sejak 21 November lalu. (erwin)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok