Ambil Bagian di Grand Final Toyota Yaris Cup 2022 Jepang, TGRI Andalkan Jordan Johan

Sabtu, 10/12/2022 18:05 WIB

mobilinanews (Jepang) - Gelaran grand final Toyota Yaris Cup 2022 yang berlangsung di Sirkuit Fuji, Jepang pada Minggu (11/12/2022) esok, turut menyertakan Jordan Johan, pembalap Toyota Gazoo Racing Indonesia.

Dalam tradisi tahunan tersebut, TGRI kerap mengirimkan pembalap divisi racing untuk menambah jam terbang dengan melakoni balap di Negeri Sakura.

"Alhamdulillah dapat kesempatan ini, saya benar-benar senang sekali karena bagi saya ini adalah kesempatan yang luar biasa karena mewakili Indonesia dalam kompetisi Grand Final Toyota Yaris Cup 2022," jelas Jordan Johan kepada mobilinanews.

Selain memberikan kesempatan kepada pembalap berusia 22 tahun tersebut, Dimitri Fitra Ditama selaku Direktur Toyota Gazoo Racing Indonesia juga menyampaikan ini merupakan ajang mengasah diri pembalap untuk meningkatkan kualitasnya.

“Kita memang beberapa kali mengirim pembalap kami untuk balapan di Jepang, khususnya pembalap ISSOM supaya mereka merasakan balap di luar negeri. Dan balap ini juga kami manfaatkan untuk mengasah kemampuan pembalap dan serta mempelajari etika balap mereka yang tidak hanya di dalam negeri,” ungkap Fitra.

Berbeda dari beberapa pembalap TGRI yang pernah dikirim ke Jepang beberapa waktu lalu, Jordan Johan tahun ini melakoni balapan dengan menggeber Toyota Yaris.

Sementara pembalap TGRI lainnya yang pernah balapan di Jepang, mereka menggunakan Toyota 86 dan Toyota Vitz.

“Jadi ini benar-benar hal baru untuk saya, dan ini harus diperlajari dengan cepat. Mengenai penyesuaian, sebenarnya ini jadi tantangan juga karena semua sangat berbeda mulai dari mobil balap, sirkuit, suhu udara serta lawan yang harus dihadapi,” tambah Jordan

Menanggapi perihal penyesuaian yang dilakukan, ia menjelaskan ada beberapa aspek perbedaan yang mendasar saat ia melakoni balap di Jepang. Tentunya dari spesifikasi mobil juga mengalami perbedaan yang begitu besar.

“Secara garis besar memang mobil ini (Toyota Yaris) lebih kencang dari Toyota Agya yang saya bawa di Indonesia. Tapi bedanya ini adalah mobil balap one make race yang jauh lebih standar karena penggantian komponen hanya untuk suspensi, velg dan ban serta penggunaan fitur safety rollbary sistem bolt on,” tandasnya.

Dalam seri pamungkas tersebut, tercatat ada 94 pembalap yang terdaftar pada event tersebut. Sementara itu, dari total tersebut dipilih 54 yang bisa mengikuti sesi kualifikasi serta ada 45 pembalap yang nantinya bisa melakoni balapan pada Minggu (11/12/2022). (har)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda