Kawasaki Tarik Motor Tercepat di Dunia H2 Carbon, Ada Apa?

Minggu, 18/12/2022 06:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Berita tak sedap datang dari pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki. Mereka di kabarkan akan melakukan penarikan pada motor kencangnya Ninja H2 Carbon dan beberapa model lainnya karena masalah mesin.

Melansir RideApart, Pengumuman yang rilis, Rabu (14/12) ini ditujukan kepada semua pengguna motor Kawasaki di Amerika. Penarikan akan berdampak pada beberapa model seperti Ninja H2 produksi tahun 2015 hingga 2023.

Ada juga Ninja H2 SX, Ninja H2 SX SE, Ninja H2 SX SE+, Z H2, dan Z H2 SE. Semua model ini terkait dengan masalah risiko mesin yang mati secara tiba-tiba saat berkendara. Hal ini sangat berbahaya, karena risiko kecelakaan dan kemungkinan cedera akan sangat besar bagi penggunanya.

Dalam dokumen penarikan itu, otoritas Kawasaki Amerika mengungkap bahwa sekitar 3.172 sepeda motor Ninja terlibat dalam penarikan ini. Itu berarti, penarikan ini mewakili sekitar satu persen dari total populasi menurut Kawasaki.

Sepeda motor yang terpengaruh diproduksi antara 1 Desember 2014 dan 27 September 2022. Ada tiga kemungkinan penyebab kemacetan mesin yang telah diidentifikasi pihak Kawasaki.

Salah satu masalahnya berasal dari pendorong rantai camshaft, yang dapat terkunci saat motor digunakan. Hal ini bisa menimbulkan kerusakan internal. Salah satu tanda peringatan yang mungkin menjadi penanda motor anda terkena dampak itu adalah suaranya tidak normal yang keluar dari sisi kanan mesin.

Kawasaki telah mengeluarkan pemberitahuan penghentian penjualan ke jaringan dealernya pada 9 Desember 2022 untuk model yang terkena dampak. Pada saat itu, mereka juga memberi tahu dealer bahwa instruksi terkait layanan penarikan akan menyusul pada pertengahan Desember.

Perusahaan berencana untuk memberi tahu dealer sekitar 19 Desember 2022, dan juga akan memberi petahu pilik sepeda terdaftar yang terlibat dalam penarikan ini sekitar 21 Desember 2022.

Menurut perusahaan, semua unit yang memenuhi syarat akan menerima penggantian penegang rantai poros bubungan yang terpengaruh dan pakingnya.

Untuk diketahui, Sejak November 2022, tensioner berbeda sudah digunakan di jalur perakitan Kawasaki, dan hal ini tidak menimbulkan masalah. Tensioner yang digunakan lebih praktis karena saat rusak, perbaikan bisa dilakukan dari luar dengan mudah

Pemilik Kawasaki yang mungkin sebelumnya telah membayar untuk memperbaiki kegagalan terkait masalah ini, sebelum penarikan diumumkan, akan menerima penggantian penuh atau sebagian untuk biaya perbaikan yang terdokumentasi.

Pemilik yang memerlukan layanan penarikan harus menghubungi dealer resmi Kawasaki setempat untuk menjadwalkan perbaikan, yang akan dilakukan secara gratis. (Erwin)

TERKINI
BBM Baru Pengganti Pertalite Ternyata Mengandung Bioetanol, Begini Penjelasannya! WRC 2024 Rally Portugal: Kalle Rovanpera Out, 3 Joki Hyundai Mengepung Sebastien Ogier Suzuki Avenis 125, Motor Matic Terbaru dengan Desain Sporty dan Dinamis MotoGP 2024 Prancis: Martin Juara Sprint Race, Marquez Bintangnya Dari P13 ke P2