Munas Indonesia Offroad Federation ke-7 di Hotel Sultan Jakarta, Irjen Sam Budigusdian Masih Diinginkan Jadi Ketua!

Sabtu, 17/12/2022 16:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Indonesia Off-road Federation menyelenggarakan musyarawarah nasional (Munas) ke-7 sebagai tanda berakhirnya Pengurus Pusat IOF 2018-2022 di bawah kepemimpinan Irjen Pol. (Purn.) Sam Budigusdian.

Munas juga menyepakati perubahan dan penyempurnaan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD ART) organisasi menyesuaikan dengan dinamika yang ada. 

Hayono Isman – Ketua Umum Komite Olah Raga Masyarakat Indonesia Nasional (Korminas) dalam sambutan pembukaan Munas mengatakan, masyarakat Indonesia menurutnya harus bugar secara fisik dan rohani yang ditunjukkan dalam perilaku sehari-hari. 

“Dan teman-teman di IOF sudah menunjukkan itu dalam kegiatan organisasi dan kompetisi. Dalam kebencanaan, sikap toleransi ditunjukkan secara nyata oleh anggota IOF,” ujar Hayono Isman.

IOF punya peranan penting dalam membangun masyarakat bugar Indonesia, sesuai dengan program Kementrian Olah Raga Republik Indonesia menuju manusia bugar 2045 yang masuk dalam Desain Besar Olah Raga Nasional (DBON). 

Perekat Bangsa

Sementara itu, Dewan Pembina IOF A.M. Anto Mukti Putranto mengatakan sejak awal pendirian IOF bukan hanya ditujukan untuk sekedar hobi olah raga saja tetapi juga diarahkan untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan dan kepedulian sesama. 

“Sudah menjadi ciri khas IOF, setiap kompetisi pasti melakukan bakti sosial untuk masyarakat di sekitar lokasi. Itu sudah menjadi tradisi,” ujar Putranto. Munas kali ini mengambil tema IOF untuk Persatuan dan Kemanusiaan. 

Organisasi off-road bisa menjadi perekat bangsa karena dalam offroad anggotanya memiliki latar belakang suku, agama yang beragam, termasuk profesi. Keberagaman tersebut menurut Sam Budigusdian merupakan kekayaan IOF ketika melakukan misi-misi kemanusiaan. 

Selain itu, menurut Sam, sebagai organisasi hobi, IOF tidak memiliki kecenderungan untuk terlibat dalam politik. Hal ini penting untuk menghadapai tahun 2023 yang merupakan tahun politik dengan adanya pemilihan umum secara langsung. 

Sam juga mengingatkan, agar seluruh angota IOF selalu siap sedia turun ke lapangan untuk misi kebencanaan mengingat potensi bencana alam yang sangat tinggi di Indonesia karena berada dalam ring of fire, yang memungkinkan bencana terjadi setiap saat. 

Regenerasi Penggiat Off-road

Dalam pembukaan Munas tersebut juga diberikan penghargaan secara khusus untuk  pegiat off-road berprestasi di ajang IOF National Championship.

Dalam kejuaraan tersebut IOF berhasil melakukan regenerasi dengan tampilnya pegiat-pegiat off-road berusia muda yang berhasil meraih peringkat nasional untuk kategori Best of the Best atas nama Rifat Arik Saputra, asal Banyuwangi , pelajar kelas 2 sekolah menengah kejuruan. (bs)

TERKINI
PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat GAC Aion V Generasi ke-2 Siap Tampil di Indonesia, Terlihat Macho dan Semakin Canggih