Makin Serius di Balap Mobil, Valentino Rossi Jadi Pembalap Pabrikan BMW Untuk Endurance Race

Kamis, 22/12/2022 20:47 WIB

mobilinanews (Belgia) - Legenda MotoGP Valentino Rossi kembali jadi buah bibir. Pemegang rekor 9 gelar Grand Prix itu mulai musim 2023 menjadi pembalap tim pabrikan BMW di ajang balap  endurance Eropa. Pertanda ia semakin serius di kancah balap roda empat.

Kepastian itu baru saja dirilis BMW dari markas tim WRT di Belgia. Setelah pensiun dari MotoGP di akhir musim 2022, The Doctor bergabung dengan WRT sepanjang musim 2022.

Mengandalkan besutan Audi R8 LMS Evo2 GT3, Rossi mencapai finis ke-5 di seri Paul Ricard (Prancis) dan Hockenheim (Jerman) serta prestasi terbaiknya dengan P2 di seri Misano (Italia).

Di akhir musim 2022 ini rupanya WRT pisah dengan Audi. Tim terkenal Belgia ini bergandengan dengan BMW dengan status tim pabrikan.

Dengan sendirinya, Rossi bersama dua pembalap yang jadi pasangannya, Maxime Martin dan Augusto Farfus, menjadi driver pabrikan.

Mereka dibekali BMW M4 GT3 dan bertanidng semusim penuh pada serial GT Challenge Europe. Satu event ketahanan keren lainnya, Bathurts 12 Jam, sudah masuk jadwal Rossi musim depan.

"Saya sangat bangga jadi pembalap pabrikan BMW. Ini adalah kesempatan bagus. Sejak tahun lalu saya serius menekuni balap mobil bersama WRT. Tahun depan WRT memilih BMW Motorsport sebagai mitra baru, dan saya senang menyambutnya," kata Il Dottore.

Rossi menyebut sudah dua kali menguji BMW M4 GT3 dan merasa cocok dengan karakternya.

"Kami bisa kompetitif tahun depan. Apalagi BMW Motorsport memberikan 2 pembalap kuat bersama saya tahun depan, Maxime dan Augusto. "

"Saya masih harus banyak belajar untuk mengembangkan diri. Saya berharap bisa memenuhi target dengan cukup kencang dan kuat bertarung selama akhir pekan," imbuhnya.

Satu hal lagi yang ditunggu Rossi adalah bertarung di ajang akbar 24 Hours of LeMans yang terkenal itu. Itu yang ia impikan terlepas nanti berlomba di kelas utama atau tidak.

Dan, BMW sepertinya akan membuka jalan untuk hal itu untuk musim depan atau 2024. (rnp)

 

TERKINI
Raih Trofi Juara Pertama TCR Asia International Series 2024, Benny Santoso : Alhamdulillah Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas Wuling Ajak Komunitas Rasakan Sensasi dan Kenyamanan Berkendara Cloud EV Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9