Poles Sendiri Mobil di Rumah Agar Cat Tetap Kinclong, Ini Tipsnya!

Rabu, 04/01/2023 00:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Poles mobil membutuhkan keahlian dan tidak bisa dikerjaka asal-asalan. Pekerjaan ini juga memakan waktu tidak sebentar karena membutuhkan ketelitian. Poles mobil harus dikejakan dengan berhati-hati karena berkaitan dengan lapisan cat mobil.

Lalu bagaimana memoles mobil dengan benar? Supaya mobil tidak tergores saat pekerjaan poles dilakukan, berikut adalah tips memoles mobil mengutip berbagai sumber;

1. Siapkan Peralatan Poles

Peralatan poles mobil terdiri dari kain poles dan cairan poles. Ada dua jenis cairan poles yang tersedia di pasaran, yaitu cairan wax dan hard shell. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk memoles bodi mobil, jadi Sahabat tinggal memilihnya sesuai kebutuhan.

Pilihlah cairan poles berkualitas tinggi meskipun harganya mahal agar tidak membahayakan cat mobilnya. Sedangkan untuk kain poles, pilihlah jenis kain halus agar tidak menyebabkan baret pada permukaan cat kendaraan. Biasanya disaranka memakai kain microfiber yang lembut.

2. Cuci Mobil Sampai Bersih

Bersihkan mobil terlebih dahulu sebelum memulai proses pemolesan. Cuci mobil sampai bersih dan tidak ada kotoran atau debu menempel di permukaannya, agar mobil tidak tergores saat pemolesan dilakukan.Jangan menggunakan jenis sabun lain selain sabun cuci mobil.

3. Keringkan Mobil

Hindari mengeringkan mobil dengan cara dibiarkan di bawah sinar matahari. Alasannya, sisa-sisa air bisa mengendap dan membentuk water spot dan jamur pada bodi mobil. Gunakan lap microfiber supaya mobil kering sempurna.

4. Poles Mobil Semua Bagian Mobil

Waktu pemolesan bergantung pada tingkat kekusaman dan detail pemolesannya. Kamu membutuhkan waktu lebih lama jika tampilan cat yang kusam sudah sangat terlihat atau membutuhkan detail polesan yang rapi dan teliti.

Parkir mobil di lokasi yang terang dan aman dari debu atau kotoran lainnya, misalnya garasi atau halaman rumah. Siapkan peralatan poles mobil. yaitu cairan poles dan kain microfiber. Teknik poles ini dilakukan secara manual menggunakan tangan.

Mulai proses pemolesan mobil dari bagian atas mobil. Bubuhkan cairan poles pada bagian tersebut kemudian lap menggunakan kain microfiber sampai mengenai seluruh bagian atasnya.

Pastikan pemolesan dilakukan selah meratakan cairan dari atas hingga samping mobil supaya tampilan mobil mengkilap seperti yang diinginkan. Lakukan dengan gerakan memutar dan berulang ulang sampai mendapat hasil yang diinginkan.

Ulangi langkah di atas pada bagian samping, depan dan belakang mobil secara berurutan. Pastikan satu area mobil sudah dipoles sempurna sebelum berpindah ke area lainnya.

Agar semua bagian mobil kinclong, pemolesan juga dilakukan pada bagian velg mobil dan mika agar tampak lebih indah.

Tahap terakhir, lakukanlah pengecekan setelah mobil selesai dipoles.(erwin)

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen