Daihatsu Siapkan Model Kembaran Toyota Vios untuk Indonesia, Ini Modelnya!

Kamis, 05/01/2023 00:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Daihatsu telah mengajukan paten gambar sedan tanpa nama tersebut ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Indonesia (DJKI), yang berada di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Menurut database DJKI, pengajuan dilakukan oleh Daihatsu Motor Co. (DMC) yang berbasis di Osaka dan membawa nomor aplikasi A00202204663 serta tanggal pengumuman 28 Desember 2022.

Dalam laporan itu ada dua nama yang menjadi perancang sedan yang mirip Toyota Vios itu. Mereka adalah Eishi Araki dan Shun Ohoka.

Laporan itu juga menerangkan bahwa rancang bangun mobil di atas menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Sebelumnya Vios terbaru yang dilansir di Thailand Agustus lalu telah merambah Indonesia, Laos, Kamboja, dan Brunei.

Sedan ini tersedia dengan mesin dari keluarga NR yang memiliki kapasitas mulai dari 1,2 hingga 1,5 liter, dipasangkan dengan manual lima kecepatan atau CVT. Mesin itu lebih besar dari pendahulunya XP150 dan dapat dilengkapi dengan cukup baik pada varian kelas atas.

Penemuan gambar paten ini menunjukkan bahwa Daihatsu mungkin menawarkan Vios dengan harga yang lebih terjangkau, meskipun pembuat mobil belum mengonfirmasinya

Dalam laporannya, Sri Agung Handayani, Direktur Pemasaran dan Direktur Perencanaan Korporat dan Komunikasi Astra Daihatsu Motor mengatakan laporan model baru sedan Daihatsu itu sebagai laporan rutin pabrikan untuk pengembangan model baru.

“Ini merupakan pendaftaran rutin yang dilakukan oleh DMC untuk hak cipta kendaraan” dan “untuk saat ini, kami belum memiliki .rencana untuk ini,” Sri Agung kepada media.

Untuk diketahui, Toyota adalah perusahaan induk dari Daihatsu, dan yang terakhir bertanggung jawab atas DN F-Sedan Concept yang menampilkan AC100 Vios.

Oleh karena itu, tidak heran jika Daihatsu menyusul dan memperkenalkan sedannya sendiri di masa depan. Bahkan, saat ini sudah ada beberapa model Toyota dan Daihatsu yang memiliki kesamaan ikatan di Indonesia, antara lain Rocky–Raize, Ayla–Agya, Sigra-Calya, Xenia–Avanza serta Terios–Rush.(erwin)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh