Dakar 2023: Honda Finish 1-2 di Stage 5, Husqvarna dan KTM Pegang Kendali di Kelas Motor

Jum'at, 06/01/2023 01:15 WIB

mibilinanews (Arab Saudi) - Dua rider tim pabrikan Honda, Adrien Van Beveren (Prancis) dan Jose Ignacio Cornejo (Chile), sukses finish 1-2 di Stage 5 Rally Dakar, 5 Januari 2023. Sayangnya, Honda masih berada di luar 3 Besar kejuaraan.

Kemenangan Van Beveren menjadikannya pemotor kelima yang berbeda dalam 5 stage yang sudah berlangsung. Sukses ini membawanya ke urutan 5 klaemen sementara, naik dari sebelumnya P8. Tiga besar dihuni Skyker Howes (Pabrikan Husqvarna) menggusur pemkmlin sebelumnya, Daniel Sanders (GasGas). Howes finish kelima di Stage 5 sedangkan Sanders terpuruk di urutan 17.

Yang menarik adalah Toby Price (Tim Pabrikan KTM) yang masih bisa finish ketiga meski sempat berhenti untuk menolong Joan Barreda (JB Team).

Konsisten finish di 5 Besar di setiap stage membuat Price kokoh sebagai runner up kejuaraan sementara. Terpaut 2 menit 7 detik dari Howes.

Sebenarnya Price bisa memenangi Stage 5 sekaligus meraih kemenangan perdananya tahun ini. Tapi, solidaritas sesama biker membatalkan kemenangsn itu.

Pereli Australia itu melihat Barreda terjatuh dari motornya. Ia pun berhenti untuk menolong dan memastikan rivalnya itu bisa melanjutkan lomba. Ini satu lagi bukti bahwa solidaritas adalah ruh yang belum pudar di Dakar. Kemenangan bukan segalanya.

"Saya berhenti membantu Joan sekitar 5 atau 6 menit," kata Price.

Artinya, jika ia egois dan terus melaju maka dipastikan dirinyalah jadi pemenang, bukan finisher ketiga. Faktanya, Van Beveren hanya unggul 3 menit 56 detik atas Price di garis finish.

Jika itu yang terjadi maka Price juga jadi pemimpin klasemen sementara, bukan Howes. Faktanya, kini Price hanya defisit waktu 2 menit 7 detik dari Howes.

Barreda, pemenang Stage 4, bisa tertatih-tatih mencapai garis finish di urutan 14 di Satge 5. Peringkatnya di overall  turun dari P5 ke P6. (rnp)

 

 

 

 

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag