Mobil Mercedes-Benz Otonom Level 3, Sopir Bisa Lepas Kemudi di Kecepatan Tertentu

Selasa, 10/01/2023 11:30 WIB

mobilinanews (Jerman) - Mercedes-Benz sebagai salah satu pemain utama dalam industri otomotif terus mengupdate teknologi mobilnya. Di pameren teknologi CES, Nevada Amerika mereka mengoperasikan pengemudian otonom Level 3 di jalan raya Nevada.

Percobaan moda pengemudian otonom Level 3 di jalan raya Nevada menjadikannya pembuat mobil pertama yang mendapatkan persetujuan di Amerika Serikat untuk menggunakan sistem dan teknologi swa kemudi itu di jalan raya.

Otoritas Mercedes-Benz mengungkap fungsi teknologi tersebut akan tersedia di Mercedes S-Class dan EQS all-electric. Menurut SAE International, sistem otomatisasi berkendara Level 3 memungkinkan kendaraan untuk mengemudi sendiri dalam kondisi terbatas.

Ketika itu terjadi, pengemudi dapat mengalihkan pandangan dari jalan dan orang yang duduk di kursi pengemudi tidak dianggap sedang mengemudi, karena semua berjalan secara otomotis.

Meskipun demikian, sistem Drive Pilot Mercedes hanya bekerja pada kecepatan hingga 40 mph atau 64 km/jam. Itu berarti bahwa moda pengendaraan itu hanya bisa digunakan selama kemacetan lalu lintas.

Meskipun itu bukan otonomi penuh, setidaknya seorang pengemudi dapat menjawab email atau mengalihkan fokus mereka dari jalan selama perjalanan mereka.

Nantinya orang yang duduk di kursi pengemudi tidak dapat tertidur, karena mobil dapat meminta mereka untuk mengambil alih kendali kapan saja. Jika pengemudi tidak menanggapi kendaraan dalam waktu 10 detik, kendaraan akan berhenti secara darurat.

Meskipun beberapa perusahaan telah mulai mengoperasikan kendaraan yang sepenuhnya otonom di tempat-tempat seperti San Francisco, kendaraan tersebut digunakan sebagai robotaxis. Namun, Drive Pilot Mercedes akan ditujukan sebagai kendaraan pelanggannya.

Setelah Nevada, Mercedes mengatakan akan mencari sertifikasi serupa di California. Meski baru di AS, mereka mengklaim sudah menawarkan Drive Pilot di Eropa. Di Jerman, opsi ini berharga $5.331 USD atau setara Rp83 juta untuk S-Class, dan $7.922 USD atau Rp123,4 untuk EQS.

Selain Drive Pilot, Mercedes mengatakan fitur Automatic Lane Change juga akan diluncurkan di Amerika Utara tahun ini. Sistem ini memungkinkan kendaraan berpindah jalur saat cruise control aktif.(erwin)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh