Dakar 2023: Sebastien Loeb Cetak Hattrick, 3 Driver Toyota Gazoo Racing di 5 Besar

Kamis, 12/01/2023 00:08 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Sebastien Loeb (Prancis/BRX/Prodrive Hunter) meraih keenangan kali ketiga atau hattrick dari 10 tahapan Dakar 2023 yang telah berlangsung. Sayang, gap dengan Nasser Al-Attiyah (Qatar/Toyota Gazoo Racing) masih terlalu jauh, lebih dari 1 jam.

Seperti rencananya, Al-Attiyah lagi-lagi bermain aman denan tidak ingin mengambil resiko kerusakan mobil ataupun tersesat di gurun pasir.

Keunggulan waktu yang besar membuatnya cukup memenej situasi agar keunggulan waktunya tidak terpangkas secara mencolok.

Karena itu juara Dakar 2022 itu tenang saja di Stage 10 berjarak kompetisi hanya 110 km. Tetap happy meski finish P4 dengan kekalahan 5 menit 45 detik dari Loeb yang finish P1.

"Stage hari ini singkat tapi sulit dilalui. Saya tak ingin mengambil resiko, tak ingin berbuat kesalahan. Ini waktu yang baik untuk menguji beberapa hal untuk tahapan esok," kata Al-Attiyah.

"Lomba tinggal beberapa stage lagi. Kami tahu persis apa yang kami butuhkan untuk memenangkan kejuaraan ini."

Al-Attiyah yang unggul 1 jam 21 menit dan 1 jam 37 menit atas Lucas Moraes (Overdrive Racing) dan Loeb di 3 Besar klasemen merasa percaya diri untuk mempertahankan gelar.

Syaratnya hanya menghindari kesalahan atau resiko kehilangan waktu besar. Posisinya aman jika hanya kalah rata-rata 7-8 menit di sisa lomba hingga 15 Januari mendatang dan itu yang ingin ia capai.

Ia juga lebih tenang karena dua driver Toyota Gazoo Racing lainnya berada di grup 5 Besar., yakni Henk Latigan dan Giniel de Villiers. Kedua driver asal Afsel itu tentu menjadi musuh yang juga harus dikalahkan Loeb sebelum mengalahkan Al-Attiyah di posisi puncak.

"Ini bagus. Giniel ada di belakang kami dan kami bekerja sebagai tim," imbuh Al-Attiyah.

Hasil di Stage 10 tak membuat pergeseran di grup atas klasemen sementara. Al-Attiha,Moraes dan Loeb di 3 Besar, sedangkan Latigan dan De Villiers menguntit di peringkat 4 dan 5.

Loeb sendiri sepertinya tak terlalu memusingkan lagi pengejaran gelar juara 2023 mengingat selisih waktu yang begitu besar dengan Al-Attiyah yang tahun lalu juga mengalahkannya di edis Dakar 2022.

Performa mobil modifikasi bikinan rumah produksi Prodrive Inggris yang semakin konsisten membuatnya puas menjalani lomba. Terlebih pada proses  pengejarannya dari peringkat 26 hingga posisi ketiga klasemen saat ini.

"Hari ini hanya bertarung 100-an km. Tak panjang tapi sulit. Terpenting saya semakin nyaman dengan mobil ini," kata Loeb yang start pertama di Stage 10 tapi tak butuh banyak bantuan navigator karena cukup mengikuti jejak yang ditinggalkan para peserta di kelas motor.

Stage 11 pada Kamis (12/1) berlangsung 417 km. Ini kesempatan Loeb untuk mencicil ketertinggalan, terlebih dahulu untukmengejar Moraes di peringkkat 2 dengan gap tinggal 16 menit. (rnp)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok